Tahun Ini Kawasan Tanpa Rokok Mulai Diberlakukan

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau mulai memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok. 
Perda tersebut, sebagaimana dikutip pada Pasal 3, bahwa peraturan daerah itu dibuat untuk melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya merokok. Selanjutnya, agar masyarakat dapat membudayakan hidup sehat, sehingga dapat menekan angka pertumbuhan perokok pemula, serta menjaga kebersihan lingkungan, baik lingkungan pribadi, keluarga, dan terlebih lagi masyarakat.
Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo saat dimintai konfirmasi terkait Perda tersebut, berharap Perda Kawasan Tanpa Rokok dapat dipatuhi dan dipedomani seluruh lapisan masyarakat di Bumi Handep Hapakat ini.
"Perda ini memang harus ditetapkan, dan supaya dilaksanakan serta ditaati dengan baik," ucap Edy Pratowo dikonfirmaai awak media usai mengikuti Rapat Paripurna, pada Senin (4/2/2019)  di Kantor DPRD Pulang Pisau.
Sementara, disampaikan oleh Anggota Komisi I DPRD Pulang Pisau, H Johansyah, pemberlakuan tersebut sudah berlaku, hanya saja peraturan bupati (Perda) mengatur secara rinci lokasi yang dilarang, semisal dimana saja tempat-tempat yang memang dilarang untuk merokok.
"Nantinya seperti itu teknisnya. Karena tidak mungkin pelarangan tersebut berlaku diseluruh tempat atau ruangan, contoh kaya di bandara aja, masih ada tempat atau ruang untuk merokok bagi para perokok. Nah, kiranya seperti itu gambarannya, tapi yang pastinya tahun ini Perda tersebut sudah mulai berlaku," kata Johansyah, menyampaikan kepada media ini.[manan]
loading...
TAG