Sekda Buka Rakortek Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri menyampaikan perlunya disiapkan tenaga kerja yang link and match dengan dunia kerja.
"Balai latihan kerja atau lembaga latihan kerja harus melatih orang-orang yang dibutuhkan di perusahaan, disesuaikan dengan dunia pendidikan dan melihat pangsa yang membutuhkan, misalnya sektor kehutanan, pertanian dan pertambangan," jelasnya.
Hal tersebut diungkapkan Sekda kala membuka Rakortek Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian yang digelar oleh Disnakertrans Provinsi Kalteng di Hotel Luwansa Palangka Raya, Senin (11/2/2019).
"Angka pengangguran di Kalimantan Tengah menurut data BPS berkisar 4,01 persen, hal ini menuntut inovasi untuk menciptakan program/kegiatan yang berpihak pada penanggulangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan," ucapnya.
Dilanjutkannya, indeks pembangunan ketenagakerjaan di Kalteng terus mengalami peningkatan, dari 59,40 tahun 2016 menjadi 66,68 di tahun 2018.
"Hal ini berkat kerjasama lintas sektor dan Disnakertrans Provinsi Kalteng dengan Kabupaten/Kota se-Kalteng," imbuhnya.
Sementara di bidang ketransmigrasian, berakhirnya kebijakan moratorium program pembangunan transmigrasi baru, menuntut komitmen untuk membenahi insfrastruktur kawasan transmigrasi dan masalah tumpang tindih lahan agar tidak menimbulkan konflik berkepanjangan.[deni]
loading...
TAG