Pidato Pengantar Rancangan Akhir RPJMD, Ini Kata Bupati Edy....!

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo menyampaikan pidato pengantar rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.
Penyampaikan pidato tersebut, disampaikannya pada rapat paripurna ke II, masa persidangan I tahun sidang 2019, Senin (4/2/2019) di Gedung rapat DPRD kabupaten setempat.
Ia mengatakan, RPJMD adalah dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode lima tahun tahun. RPJMD membuat visi, misi, dan program dari bupati terpilih yang diterjemahkan dalam tujuan, sasaran, strategi, kebijakan dan program prioritas selama lima tahun.
RPJMD Kabupaten Pulang Pisau tahun 2018-2023, lanjutnya, merupakan dokumen resmi perencanaan daerah yang mempunyai kedudukan yang strategis, yaitu memjembatani antara perencanaan jangka panjang (20 tahun) atau biasanya kita sebut RPJPD, dengan perencanaan dan penganggaran tahunan atau RKPD.
"Ini sebagaimana telah diatur dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017, salah satu tahapan sebelum penetapkan peraturan daerah (Perda) tentang RPJMD, maka harus melalui proses pembahasan bersama antara pemerintah daerah dan legislatif untuk menyepakati rancangan akhir RPJMD yang kemudian dievaluasi gubernur sebelum ditetapkan menjadi Perda tentang RPJMD Pulpis 2018-2023," kata Bupati Edy pada kesempatan itu.
Selanjutnya, ia juga mengatakan, Perda tentang RPJMD ini sudah harus ditetapkan enam bulan setelah kepala daerah dilantik dengan berpedoman RPJPD, RTRW, dan RPJMN.
"Perlu saya ingatkan visi misi Kabupaten Pulang Pisau, yang saya canangkan bersama bersama Wakil Bupati Pudjirustaty Narang Periode 2018-2023 adalah Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang Inovatif, Maju, Berkeadilan dan Sejahtera," tuturnya.
Sehingga, masih dalam pidatonya, upaya pencapaian visi misi tersebut, H Edy Pratowo bersama Pudjirustaty Narang telah menyusun tujuh misi pembangunan, yaitu percepatan peningkatkan sarana dan prasarana wilayah, tata ruang dan pemukiman.
Selanjutnya, peningkatkan hasil produktivitas hasil sumber daya alam (SDA) dan lingkungan berkelanjutan, peningkatan kualitas SDA dan lingkungan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDA), peningkatakan kesejahteraan masyarakat melalui program ekonomi kerakyatan, mewujudkan aparatur pemerintah yang bersih, berwibawa dan profesional (goog end clean governance), dan pemberdayaan organisasi keagamaan, sosil budaya, pemuda, dan perempuan dalam pembangunan.
"Dalam pencapaian visi misi tersebut, tentunya diharapkan kerjasama bersama sehingga visi misi kita dapat terealisasi," pintanya.
Diakhir pidatonya, Edy kembali mengingatkan serta meminta kepada seluruh perangkat daerah agar melakukan persiapan-persiapan dalam upaya pencapaian target yang sudah ditetapkan dalam masing-masing rancangan Renstra perangkat daerah dengan cara menggenjot pelaksanaan program dan kegiatan yang sudah tersusun dalam dokumen pelaksanaan anggaran masing-masing perangkat daerag tahun 2019, sesuai dengan persentase serapan anggaran yang twlah ditetapkan setiap triwulannya oleh pemerintah daerah.
"Dengan terselenggaranya paripurna rancangan akhir RPJM tahun 2018-2023 ini, semoga dalam lima tahun kedepan ini Pulpis akan lebih baik dan maju lagi," tukasnya.
Sementara hadir pada rapat paripurna tersebut, wakil bupati Pulang Pisau, sekretaris daerah, unsur pimpinan DPRD beserta angggota, seluruh Kepala SOPD lingkup Pemkab Pulpis, dan unsur Forkopimda.[manan]
loading...
TAG