Personel Polres Kapuas Amankan Aksi Unjuk Rasa Karyawan Sawit PT. SUA

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Puluhan personel Polres Kapuas diterjunkan untuk mengamankan aksi mogok kerja dan penyampaian aspirasi yang dilakukan puluhan karyawan pekerja sawit PT. UHP dan PT. SUA, Kamis, (7/2/2019) di halaman kantor PT. SUA Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.
Aksi itu dipicu adanya pengurangan hari kerja, dan adanya karyawan yang tidak dipekerjakan sama sekali oleh pihak perusahaan.
Kapolres Kapuas, AKBP Tejo Yuantoro melalui Kapolsek Kapuas Hilir, Iptu Siti Rabiatul Adawiyah mengatakan, anggota yang diturunkan mengamankan aksi itu sekitar 44 orang, gabungan dari Polres Kapuas dan Polsek jajaran
"Puluhan karyawan menyampaikan tuntutan agar perusahaan mempekerjakan seluruh karyawan sesuai hari kerja yang diatur dalam ndang-undang ketenagakerjaan dan membayar upah tepat waktu sesuai UMSK Kabupaten Kapuas 2019," kata Kapolsek.
Selain itu, sambungnya, jika tuntutan pertama tidak dipenuhi mereka meminta perusahaan mem PHK karyawan sesuai ketentuan pasal 169 ayat (3) Undang-Undang nomor 13 tahun 2003.
"Harapan kita jelas dipekerjakan sesuai aturan atau di PHK sesuai aturan," kata M. Junaidi Gaol, salah satu perwakilan aksi itu.
Keterangan pihak keamanan menyebutkan permasalahan yang ada bahwa harga sawit saat ini turun seharga Rp500 per kilogram, untuk hasil produksi sawit membutuhkan biaya Rp2000 per kilogram, sehingga perusahaan mengalami kerugian Rp1500 per kilogram.
Dengan adanya kerugian itu, perusahaan menurunkan hari kerja (HK) dari 25 menjadi 15 sampai 20 hari kerja per bulan, tergantung wilayah maupun hasil produksi.
"Selama aksi berlangsung aman dan kondusif, hingga berakhirnya penyampaian aspirasi tersebut," tutup Iptu Siti Adawiyah.[zulkifli]
loading...
TAG