Liang Saragi, Destinasi Wisata Lokal Warga Bartim

Print Friendly and PDF
TAMIANG LAYANG - Liang Saragi salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Ampari Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur (Bartim) selalu dipadati pengunjung ketika hari libur.
Liang saragi adalah sebuah gua atau liang dari batu yang membentuk sebuah terowongan-terowongan yang mirip seperti gua tapi tidak masuk ke dalam tanah.
Di dalam liang saragi juga terdapat aliran air yang melewati sela-sela batu. Bentuk dari liang ini juga beragam, ada yang besar dan kecil.
Klara Peri Permani (22), salah satu warga Kota Tamiang Layang mengaku sangat merasa puas dan bangga dengan adanya destinasi alam liang saragi ini, dengan beberapa ruangan besar di dalamnya dan merupakan satu-satunya goa terbesar di Bartim.
"Sudah sepantasnya kita untuk melestarikan destinasi alam dengan cara menjaga kebersihan dan keindahannya," ucapnya, Selasa (5/2/2019).
Dilanjutkan wanita perambut panjang ini, disaat hari libur banyak pengunjung berdatangan untuk menikmati keindahan alam ini, mulai dari kawula muda, orang tua hingga anak-anak.
"Para pengunjung ada yang santai berteduh dengan keluarga, ada juga memanfaatkan momen ini dengan berswafoto juga sambil menikmati hiburan yang disiapkan oleh pengelola," tururnya.
Lebih lanjut, dengan hanya merogoh kocek Rp10 ribu untuk biaya masuk ini sudah bisa menikmati keindahan alam sepuasnya.
"Hari ini selain perayaan Imlek juga sekaligus mengangkat kembali destinasi wisata liang saragi yang sempat padam," pungkasnya.[kenedy/adi]
loading...
TAG