Kunjungi DKP, Nafiah: Ketahanan Pangan Jantung Hidup Masyarakat

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas, H M Nafiah Ibnor melakukan Kunjungan Kerja dan Apel Bersama dengan Kepala Dinas beserta jajaran Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kapuas, Selasa (12/2/2019) pagi di halaman kantor dinas.
Seperti kunker yang sudah dilakukan ke beberapa perangkat daerah sebelumnya, Nafiah kembali menyampaikan pesan Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, di mana kunker merupakan sarana untuk bersilahturahmi, saling kenal mengenal, saling berkomunikasi dan berkoordinasi agar terwujudnya rasa kekeluargaan dan kebersamaan sehingga kerukunan dan kedamaian dapat tercapai secara khususnya dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Kapuas.
Kemudian, pesan berikutnya yaitu dalam melaksanakan harus ada perencanaan yang baik dan teratur. Secara khusus, Nafiah mengungkapkan, Dinas Ketahanan Pangan memiliki tugas yang cukup berat karena merupakan “Jantung Hidup” bagi warga masyarakat Kabupaten Kapuas.
“Apabila di sini tidak siap melakukan koordinasi dan sosialisasi denga masyarakat maka masyarakat akan kelebihan atau kekurangan gizi sehingga asupan makanan sembarangan, tidak sesuai dengan kadar gizi yang seharusnya. Dengan adanya Ketahanan Pangan maka masyarakat stabil dari segi kesehatannya, apa yang dikonsumsi setiap saar sesuai dan bagus untuk kebutuhan,” tuturnya.
Untuk itu, ia menekankan, perencanaan merupakan awal yang bagus untuk bekerja, kalau tidak ada perencanaan maka setiap pihak yang terlibat tidak mengerti apa yang harus dikerjakan. Buat perencanaan yang lebih mantap untuk melayani masyarakat, seperti berkomunikasi dengan instansi lain dan pusat.
“Kita ini digaji oleh masyarakat dan untuk masyarakat, karena kita semua adalah pelayan masyarakat, kalau tidak melayani orang dengan bagik pasti jadi bahan pembicaraan yang tidak baik. Untuk melaksanakan tugas ini dengan baik maka buat catatan untuk pelaporan kepada atasan. Layani dengan baik, data yang ada haruslah sesuai dengan kondisi di lapangan,”terangnya.
Ia menginformasikan bahwa Pemkab Kapuas sedang diperiksa oleh BPK – RI Provinsi Kalteng. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak untuk melayani dengan baik apabila pihak BPK meminta data ke Perangkat Daerah. Pemeriksaan ini bertujuan, apakah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas mampu bertahan dengan penghargaan yang sudah didapatkan yaitu Penghargaan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).
Tentang anggaran, ia mengimbau agar anggaran keuangan harus berhati-hati dalam menggunakannya, gunakan secara efisien dan pelaporannya pun harus tepat.
Apabila ada permasalahan, bawa kepada Kepala Dinas, Kepala Bagian atau atasan terkait supaya ada jalan keluar yang baik dan pasti, jangan sampai membuat masalah yang sebenarnya tidak mampu untuk dihadapi, karena setiap pegawai dinilai oleh seluruh elemen masyarakat.
“Yang penting kita yakin bahwa sudah disiplin dalam bekerja, bagus pekerjaannya maka hasilnya pun bagus sehingga masyarakat merasakan dampak yang baik dari setiap pekerjaan kita dan merekapun dapat terlayani dengan maksimal. Tidak ada bekerja untuk pribadi tetapi untuk masyarakat, karena kita digaji dari masyarakat,” pungkasnya.[angga/advertorial]
loading...
TAG