Hadir di Kalteng, YR Kobra Gelar Pelatihan

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pemberantasan penyalahgunaan narkoba terus dilakukan di Kalimantam Tengah (Kalteng). Kini hadir lagi, satu kelompok yang siap membantu pihak terkait dalam mengatasi musuh bersama bernama narkoba.
Mereka tak lain adalah Yayasan Rehabilitasi Korban Narkoba (YR Kobra) Kalteng.
YR Kobra bahkan telah mengadakan pelatihan tentang bagaimana menjadi konselor atau pembimbing Adeksi untuk menekan angka penggunaan narkoba yang makin meningkat.
Kegiatan pelatihan yang dilangsungkan tiga hari sejak Kamis hingga Sabtu (9/2/2019) ini, diadakan di ruang rapat Hotel Batu Suli Kota Palangka Raya.
Ketua Umum YR Kobra, Baladika Priama mengungkapkan keinginannya untuk bisa mewujudkan Indonesia bersinar atau bersih narkoba.
"Dengan adanya YR Kobra di Kalteng bisa membantu memfasilitasi pecandu Narkoba setelah melakukan Audensi dengan BNNK Palangka Raya," kata Baladika, Sabtu (9/2/2019).
Dilanjutkannya, yayasan rehabilitasi ini nantinya juga siap menampung para pecandu narkoba agar bisa sadar dengan cara direhabilitasi rawat jalan.
"Sejauh ini sudah ada 5.000 orang yang sudah dipulihkan," imbuhnya.
Ia mengingatkan, selain dirawat jalan para pecandu narkoba juga melakukan wajib lapor sesuai Peraturan Pemerintah nomor 25 tahun 2011 tentang pelaksanaan wajib lapor setiap pecandu yang sudah melaporkan diri ke BNN dan tidak akan dihukum.
Dengan adanya pendampingan YR Kobra ini, diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk lebih bersosialisasi dan memfasilitasi untuk penerima wajib lapor dan jangan sampai memunggu tertangkap baru lapor.
"Pencegahan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan pemberantasan program dari BNN yang siap akan kita laksanakan. Mari kita wujudkan bahwa kita bisa terhindar dari bahaya narkoba," tandasnya.
Selain Ketua YR Kobra Kalteng, Jeftha Syukur Anton, turut hadir Ketua YR Kobra Murung Raya yang juga Korlap Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, Adynatha SHut serta Ketua YR Kobra Muara Teweh dan Katingan.[abimanyu/kenedy]
loading...
TAG