72 Perwakilan Puskesmas Ikuti Pertemuan Penguatan Program Indonesia Sehat

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebanyak 72 perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Pulang Pisau mengikuti kegiatan Pertemuan Penguatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).
Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinkes setempat, dengan mendatangkan narasumber dari Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Pengelola PIS PK Kalteng, Hartini Agustina.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Dinkes Pulang Pisau itu, bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan pelindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.
"Kegiatan ini, guna sebagai pelaksanakan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, yang mengintegrasikan ppaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target keluarga, berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga," kata Kepala Dinkes Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo kepada media ini, via telepon selulernya.
Ia menjelaskan, bahwa pendekatan keluarga adalah salah satu cara puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.
"Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung saja, namun juga harus jemput bola dengan melakukan pendekatan kepada pihak keluarga dalam upaya menyelesaikan permasalahan kesehatan di wilayah kerjanya masing-masing," ungkapnya.
Pria yang juga menjabat sebagai Plt Dirut RSUD Pulang Pisau itu juga mengatakan  untuk melaksanakan program keluarga sehat di Kabupaten Pulang Pisau secara khusua dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pelayanan kesehatan.
"Dari itu, kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan program keluarga sehat dengan melakukan upaya pendekatan kepada masyarakat, dengan harapan dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan yanh ada dilingkungan masyarakat di Puskesmas wilayah masing-masing," kata dr Mul begitu sapaan akrabnya sembari mengakhiri perbincangan.[manan]
loading...
TAG