Wah..! Sakalagun Ternyata Desa Penghasil Sayuran Produktif

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Desa Sakalagun di Kecamatan Pulau Petak, adalah salah satu kawasan penghasil sayur-sayuran paling produktif di Kabupaten Kapuas.

Setidaknya ini diungkapkan Bejo dan rekannya Sunarto, warga setempat yang juga berprofesi pengepul sayur-sayuran dari para petani desa Sakalagun.

"Hasil sayuran dari Sakalagun, timun, buncis, terong, gambas, karawila, bawang prai juga cabe, ini semua dari sana," tutur Bejo, Kamis (3/1/2019) saat memasarkan sayuran di Kuala Kapuas.

Menurutnya, komoditas terbanyak untuk jenis sayur di Sakalagun adalah jenis kacang panjang. "Kacang panjang ini semua dari sana, rata-rata petani menanam kacang di sana," imbuhnya.

Sunarto menuturkan dalam dua hari sekali, dia mengumpulkan hasil panen sayur dari desa tersebut untuk didistribusikan ke sekitar pasar Kapuas, bahkan ke Palangka Raya dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Jumlah sayuran yang dibawa untuk dijual lagi, hingga tujuh kwintal banyaknya," katanya.

Hasil panen melimpah, lanjutnya, terutama pada saat musim penghujan, namun di musim kemarau pun komoditas kacang kacang panjang di Desa Sakalagun tetap produktif.[zulkifli]


loading...
TAG