Rekrutmen Relawan Demokrasi, KPU Kapuas Ingin Partisipasi Meningkat

Print Friendly and PDF

foto: Jamilah Maisura

KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Kalteng membuka pendaftaran relawan demokrasi. Rekrutmen itu dilakukan untuk membantu meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, 17 April mendatang.

Ketua KPU Kapuas, Budi Prayitno, Senin (16/1/2019) mengatakan, relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih. Melalui program relawan demokrasi diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara optimal dan bertanggung jawab.

"Dengan program ini diharapkan  dapat menjangkau setiap lapisan masyarakat, relawan ini fungsinya sebagai pelopor, merupakan kepanjangan tangan dari KPU menjalankan program, melakukan sosialisasi," kata Budi Prayitno saat dikonfirmasi di Kantor KPU, Jalan Tambun Bungai Kapuas.

Tugas relawan, lanjutnya, menjelaskan kepada masyarakat tentang pemilihan umum, dan pentingnya menggunakan hak pilih. Harapannya dengan adanya relawan ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pileg dan Pilpres pada Pemilu 2019.

Sementara itu, Komisoner KPU Kapuas Divisi SDM dan Parmas, Jamilah Maisura mengatakan, pihaknya melakukan rekrutmen setidaknya 50 hingga 55  relawan.

"Sejak dibuka hingga hari ini, sudah ada 76 pendaftar relawan," kata Jamilah.

Relawan, sambungnya, akan melakukan tugas-tugasnya kepada sebelas basis kelompok masyarakat.

Basis kelompok tersebut di antaranya basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan juga basis warganet.

"Rekrutmen ini melalui beberapa tahapan di antaranya seleksi berkas, tes tertulis dan wawancara, pengukuhan relawan demokrasi, pembekalan hingga terjun ke lapangan serta supervisi bagi relawan tersebut," pungkasnya.[zulkifli]


loading...
TAG