Praperadilan Multiyears: Jaksa Yakin Penetapan Tersangka Sesuai Prosedur

Print Friendly and PDF

BUNTOK - Menyangkut permohonan praperadilan tersangka kasus suap proyek multiyears, Ir RA Sutrisno, Jaksa sangat yakin bahwa penetapan tersangka sudah sesuai dengan prosedur perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.

Ditemui usai pelaksanaan sidang praperadilan pertama, penetapan tersangka kasus suap proyek multiyears di Pengadilan Negeri (PN) Buntok, Rabu (2/1/2019), Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Barito Selatan, Rahmat Baihaki SH MH, berkeyakinan kuat bahwa pihaknya akan memenangkan praperadilan.

Keyakinan ini muncul, dikarenakan menurut Baihaki, penetapan tersangka terhadap Direktur PT. Tirta Dhea Addonnics Pratama (TDAP) tersebut, sudah sesuai prosedur perundang-undangan dan hukum yang berlaku.

"Intinya pemohon menyatakan bahwa penetapan tersangka terhadap Sutrisno, tidak sesuai prosedur, sedangkan pihak penyidik kami (Kejari) sudah melakukan proses penyelidikan dan penyidikan sesuai dengan prosedur yang berlaku dan memiliki alat bukti yang cukup!" tegas Baihaki optimis, kepada awak media di luar gedung PN.

Sementara itu, tersangka Sutrisno, melalui Kuasa Hukumnya, Aris Arpandi Lubis SH, ketika ditemui awak media di lobi PN Buntok seusai persidangan, enggan memberikan keterangan. Dia beralasan, bahwa dirinya tidak ingin awak media lebih duluan tahu daripada pihak PN.

"Nanti dululah, ini kan ada jawaban ada tanggapan ada replik duplik, nanti setelah replik saya sampaikan buat kalian. Kalau sekarang ini, supaya jangan bias, jadi jangan bapak duluan tahu daripada pengadilan ya!" ucapnya enggan memberikan komentar.

Sidang praperadilan yang dipimpin oleh Hakim Tunggal, Agustinus SH tersebut, rencananya akan dilanjutkan Kamis (3/1/2019), dengan agenda penyampaian tanggapan pemohon atas jawaban yang diberikan oleh termohon.

Untuk diketahui, Ir RA Sutrisno, ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak penyidik Kejari Barsel, Selasa (11/12/2018) lalu, dalam kapasitasnya sebagai pemberi suap kepada Wakil Ketua I DPRD Barsel, H Hasanuddin Agani, terkait penyelenggaraan proyek tahun jamak di Kabupateng bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut.[tampetu/deni]


loading...
TAG