Penyelundup Kulit Trenggiling Diringkus Polda Kalteng

Print Friendly and PDF

PALANGKA RAYA - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) meringkus seorang pria lantaran menyelundupkan kulit satwa yang dilindungi yaitu trenggiling.

Penangkapan terhadap pelaku berinisial PL bermula saat petugas menerima informasi dari salah satu masyarakat saat hendak melakukan memperjual belikan, Kamis (10/1/2019) pekan tadi.

Kapolda Kalteng, Irjen Anang Revandoko melalui Wakil Direktur Reskrimsus, AKBP Teguh Widodo yang menangani kasus ini membenarkan pelaku PL melakukan tindak pidana jual beli satwa yang dilindungi. Saat dilakukan penyelidikan terhadap pelaku ditemukan nota pembelian.

Warga Kotawiringn Timur (Kotim) tersebut diduga melakukan pembantaian dan menadah binatang dilindungi berupa trenggiling di tempat tinggalnya, di Jalan Lesa Gang Jinan Desa Parenggean Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotim.

"Menurut pengakuan pelaku, kulit tersebut dikumpulkan dari pemburu di hutan dan dijual dengan harga Rp3 juta per kilogramnya, untuk saat ini sudah ada orang yang menunggu untuk membeli kulit trenggiling tersebut," paparnya, Senin (14/1/2019).

"Pelaku kita kenakan pasal UUD konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistem yaitu UUD Th 90 pasal 40 ayat 2 J pasal 21 ayat 2 grub D UUD 1990 dengan ancaman hukuman 5 penjara denda Rp100 juta," tegasnya.[abimanyu/kenedy]


loading...
TAG