Maksimalkan Fungsi Pengawasan, Bawaslu Kapuas PAW Dua Panwascam

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas melakukan pergantian antar waktu (PAW) terhadap dua anggota Panitia pengawas kecamatan (Panwascam).
Pelantikan dan pengambilan sumpah PAW Panwascam digelar, Rabu (23/1/2019) di kantor Bawaslu, Jalan Seroja Kuala Kapuas.
Pergantian ini dimaksudkan agar fungsi pengawasan berjalan sesuai mekanisme dan ketentuan. Terlebih dalam menghadapi Pemilu 2019 yang saat ini tengah menghadapi tahapan kampanye.
PAW dua Panwascam itu tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Bawaslu Kalteng nomor 050/052/K.Bawaslu.KT/KP/04.01/I/2019, tentang pemberhentian dan PAW Panwascam Kecamatan Pasak Telawang atas nama Febrina Melianti yang digantikan oleh Kurniadi dan anggota Panwascam Kecamatan Kapuas Tengah atas nama Hadi Suyatman digantikan Banding.
Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng, Satriadi mengatakan, PAW dilakukan sebagai konsekuensi dua anggota Panwascam yang telah mengundurkan diri.
"Dasar PAW pertama adanya pengunduran diri Panwascam sesuai ketentuan Undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kemudian ada Peraturan Bawaslu RI," ucap Satriadi, usai pelantikan.
Selanjutnya, hal tentang pemberian mandat kepada Bawaslu Provinsi untuk melakukan pelantikan. Sebagaimana ketentuan, anggota Panwascam adalah tiga orang.
"Jika ada yang mengundurkan diri maka dilakukan PAW berdasarkan hasil perekrutan sebelumnya diurutan berilutnya," jelas Ketua Bawaslu.
Acara pengambilan sumpah dan janji dan pelantikan kedua anggota Panwascam dilakukan langsung Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo disaksikan Komisioner Bawaslu lainnya. Juga dihadiri Ketua dan satu Komisioner Bawaslu Kalteng.
"Saat ini prores PAW telah dilaksanakan, setelah kelengkapan administrasi hingga kesanggupan personel yang menggantikan telah terpenuhi," kata Iswahyudi Wibowo, Ketua Bawaslu Kapuas.[zulkifli]
loading...
TAG