Legislator Kapuas Ini Minta SLTA Jalin Harmonisasi dengan Pemkab

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kendati kewenangan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) kini dikelola pemerintah provinsi, namun lembaga pendidikan SMA maupun SMK di Kabupaten Kapuas sejatinya tetap melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas, Lawin, Rabu (23/1/2019) mengatakan, SMA/SMK kini kewenangan pengelolaannya tidak lagi berada di bawah Kabupaten. Namun secara etika tetap saja harus ada koordinasi.
Ini huga sekaligus menanggapi  pernyataan Bupati Kapuas, Ben Brahim yang menyesalkan peresmian gedung kantor dan aula SMA Negeri 2 Kapuas pada 17 Januari 2019 lalu, di mana pada peresmian itu tanpa ada koordinasi, undangan bahkan pemberitahuan dengan Pemkab Kapuas.
"Kita mengapresiasi sikap pak bupati selaku kepala daerah, sebab secara histori dan geografis keberadaan sekolah tersebut tidak mungkin lepas dari Kabupaten Kapuas," kata Lawin, di kantor DPRD, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.
Menurutnya, terkait masalah pendidikan mulai tingkat PAUD hingga tingkat menengah kabupaten telah melakukan pembinaan sebelumnya. Ketika kewenangan itu beralih ke provinsi, mestinya apa yang telah dilakukan kabupaten sebelumnya itu hendaklah tetap dihargai.
"Kami selaku Komisi IV yang membidangi pendidikan sepaham atas sikap bupati tersebut, sebab bupati merupakan simbol dari pemerintah daerah sudah semestinya ada undangan atau pemberitahuan," tandas Lawin.
Kendati begitu, sambung politisi partai Hanura ini, hal itu hendaknya dijadikan sebagai pelajaran untuk ke depannya agar tidak terulang lagi. Sebab koordinasi yang harmonis itu juga hal penting dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan yang diharapkan lebih maju.
Sebelumnya, Asen SPd, Kepala SMN Negeri 2 Kapuas juga telah menyampaikan permohonan maafnya kepada Bupati Kapuas atas kelalaian pihaknya.
"Secara pribadi dan atas nama seluruh dewan guru dan komite saya menyampaikan permohonan maaf kepada bapak bupati atas kelalaian itu," kata Asen.
Ke depan pihaknya berjanji akan berkoordinasi dengan pihak terkait. Ini demi pengembangan dan pembinaan pendidikan semakin meningkat, khususnya pada SMAN 2 Kapuas.[zulkifli]
loading...
TAG