KPU Kapuas Terima LPSDK Peserta Pemilu, Hanya Lima Parpol Terdapat Sumbangan

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas telah menerima Laporan Penerimaan Dana Kampanye (LPSDK) pada Rabu, (2/1/2019).

Ketua KPU Kapuas, Budi Prayitno, melalui Divisi Hukum, Muntiara, Jumat (4/1/2019) mengatakan, sebanyak 14 Partai Politik dan dua tim kampanye capres-cawapres telah menyerahkan LPSDK sesuai jadwal dan tahapan.

"Hal ini sebagaimana Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik, Undang-Undang Nomor 7/2017  tentang Pemilu (lembar negara RI Tahun 2017 Nomor 182, tambahan lembaran Negara RI Nomor 6109), serta PKPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang Dana Kampanye Pemilu sebagaimana Peraturan KPU RI Nomor 34 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas PKPU 24 tahun 2018 tentang Dakam Pemilu," paparnya. 

LPSDK sendiri adalah pembukuan yang memuat seluruh peneriman yang diterima peserta Pemilu setelah LADK disampaikan kepada KPU Kabupaten dan nantinya akan dilanjutkan dengan LPPDK ke KPU sesuai dengan tahapan jadwal yang sudah ditentukan.

Dari 14 Parpol, lanjutnya, hanya 5 Parpol yang ada sumbangan. Selebihnya nihil alias nol. Begitu juga untuk dua tim capres-cawapres tidak ada sumbangan dalam LPSDK yang diterima KPU Kapuas.

Terpisah, Ketua KPU Kapuas, Budi Prayitno membenarkan penerimaan LPSDK telah selesai dan dilakukan verifikasi.

"Sudah (diterima LPSDK), tinggal menunggu laporan penggunaan dana kampanye, tepat di hari terakhir kampanye," jawabnya via sambungan seluler.[zulkifli]


loading...
TAG