KPU Kapuas Sosialisasikan Dummy Surat Suara Pemilu 2019

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS – Komisi Pemelihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Rabu (9/1/2019) melakukan sosialisasi dummy surat suara Pileg 2019 kepada partai politik. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari validasi surat suara yang diadakan di Jakarta, 2 hingga 3 Desember 2018 lalu di Jakarta.

Ketua KPU Kapuas, Budi Prayitno, melalui Agus Helmi, Divisi Teknis mengatakan, dummy merupakan contoh surat suara untuk Pemilu 2019.

"Dummy yang dibagikan adalah nama-nama caleg Kabupaten Kapuas yang dibagi dalam tiap daerah pemilihan," kata Agus, di sela sosialisasi itu.

Dummy surat suara, lanjut Agus, nantinya akan dicetak oleh KPU RI sekitar pertengahan Januari dan selanjutnya didistribusikan ke provinsi/kabupaten/kota.

“Dummy surat suara sudah divalidasi di KPU RI dan hari ini disosialisasikan kepada parpol,” imbuh Agus,

Selain itu, terkait desain dan ukuran surat suara Pemilu 2019, hal itu sebagaimana keputusan KPU RI Nomor 1775 tentang Desain surat suara dan desain alat bantu coblos bagi pemilih tuna netra pada Pemilu 2019.

Di antaranya mengatur tentang desain dan ukuran surat suara. Adapun ukuran surat suara yang diatur adalah : 22×31 cm (Pilpres), 58×42 cm (DPD) dan 51×42 cm (DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten).

“Nantinya akan disosialisasikan kepada pemilih untuk simulasi mencoblos serta mengenali lima warna surat suara yang akan dicoblos,” jelasnya.

Lima warna surat suara itu adalah hitam/abu-abu (Pilpres), kuning (DPR RI ), merah (DPD), biru (DPRD Prov) dan hijau (DPRD Kab). Selain itu juga disosialisasikan penggunaan template surat suara Pilpres dan DPD untuk penyandang tunanetra.

Selain perwakilan parpol, acara juga dihadiri Ketua dan komisioner Bawaslu Kapuas.[zulkifli]


loading...
TAG