Gempa Bumi Tektonik 3,5 SR Guncang Muara Teweh

Print Friendly and PDF
MUARA TEWEH - Warga Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara(Barut) sempat dibuat geger, lantaean merasakan guncangan gempa bumi tektonik. Kendati berlangsung beberapa detik, namun tetap embuat warga berlarian menuju tempat lapang, Kamis (31/01/2019) sekira pukul 09.38 WIB.
Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto dalam rilisnya mengungkapkan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi memiliki kekuatan M 3,5 SR.
Episenter terletak pada koordinat 0.83 LS dan 114.88 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km arah utara Muara Teweh pada kedalaman 10 Km.
"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan gempa dirasakan di Muara Teweh dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau II-III MMI. Beberapa warga merasakan guncangan gempa ini  Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempabumi yang terjadi," terangnya.
Dilanjutkannya, ditinjau dari lokasi dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal Meratus yang berdekatan dengan epicenter
"Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Muara Teweh diimbau agar tetap tenang," tukasnya.[kenedy/deni]
loading...
TAG