Gelar Syukuran, Bawaslu Sampaikan Pesan Pemilu Partisipatif

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Setelah terpilih, dan resmi dilantik pada bulan Agustus 2018 lalu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas menggelar acara syukuran di kantor Bawaslu di Jalan Seroja, Sabtu (5/1/2019).

Iswahyudi Wibowo SH, Ketua Bawaslu Kapuas mengatakan, dari lima anggota Bawaslu Kapuas yang telah dilantik tersebut, terdapat dua wajah baru, yaitu Charles Kanta, dan Ana Rahimah, tiga orang lainnya adalah inkumben yang telah menjalankan tugasnya di Pilbub 2018 lalu, yaitu Iswahyudi Wibowo, Herry Galis dan Libu.

"Syukuran atas pelantikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas periode 2018 - 2023," kata Iswahyudi kepada kabarkalteng.com.

Jumlah anggota Bawaslu, lanjutnya, mengalami penambahan, dari sebelumnya hanya 3 orang, kini menjadi 5 orang. Ini sesuai dengan amanat Undang-undang 7 tahun 2017.

Penambahan ini juga seiring beberapa kewenangan baru yg diberikan oleh UU kepada Bawaslu.

Penambahan jumlah pimpinan anggota Bawaslu ini dimaksudkan terwujudnya peningkatan kinerja-kinerja bawaslu ke depan, khususnya mengahadapi pesta demokrasi Pileg dan Pilres pada Pemilu 2019 ini.

Selain terdapat perubahan jumlah anggota Bawaslu Kabupaten Kapuas, perubahan juga terjadi pada nama, yang sebelumnya bernama Panwaslih Kabupaten atau kota, kini berubah menjadi Bawaslu Kabupaten atau kota, hal ini bersifat tetap dan pergantiannya setiap 5 tahun sekali.

Dalam kesempatan itu, Iswahyudi menyampaikan pesan Pemilu partisiapatif jelang Pileg Pilpres 2019.

"Bawaslu Kapuas mengajak partisipatif masyarakat dalam mengawasi dan menyampaikan laporan bila melihat pelanggaran Pemilu, karna pelanggaran biasanya dilakukan bila tidak ada petugas," pungkas Iswahyudi.[zulkifli]


loading...
TAG