Gelar Muskab, Asosiasi DAPM Hinje Hapakat Sosialisasikan Bumades

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Asosiasi Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DPAM) Hinje Hapakat Kabupten Kapuas, Kamis (24/1/2019) menggelar Musyawarah  Kabupaten (Muskab) di aula kantor DPMD Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.
Kegiatan ini diikuti sekitar 85 orang peserta, terdiri dari unit pengelola kecamatan (UPK), badan kerja sama antar desa (BKAD) dan serta dihadiri badan pengawas pemeriksa (BPP), dari 14 wilayah Kecamatan di Kabupaten Kapuas.
"Kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan  tentang badan usaha milik antar desa atau BumaDes " ucap Suranto, Wakil Ketua Ssosiasi DAPM Hanje Hapakat, di sela kegiatan tersebut.
BumaDes, lanjutnya, merupakan lembaga ekonomi yang berada di wilayah kecamatan, dan dapat dibentuk dari  gabungan dari beberapa BumDes. Untuk pembentukan itupun, mesti ada payung hukum berupa Peraturan Bupati (Perbub).
"Saat ini sudah ada beberapa BumaDes di Kabupaten lain di Kalteng, seperti di Kabupaten Kotim," jelasnya.
Sosialisasi ini, lanjutnya, nantinya ada sesi tanya jawab, di mana akan diserahkan kepada forum apa saja sebagai tindak lanjutnya terkait materi-materi yang disampaikan.
"Setelah ini kita akan melakukan studi banding, sebab ini masa peralihan," imbuh Suranto.
Lebih jauh dikatakannya, DAPM ini adalah eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) yang telah berjalan belasan tahun dan diharapkan tetap eksis berjalan dalam membantu perekonomian masyarakat.[zulkifli]
loading...
TAG