Curi Kabel Milik PLN, Dua Pria Ini Diamankan Polisi...!

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Diduga telah melakukan  tindak pidana percobaan percurian dengan pemberatan, dua pria asal Kalimantan Selatan ini diamankan petugas Polres Pulang Pisau, Sabtu (26/1/2019) di Jalan Darung Bawan Km 12 RT 09, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.
Kedua pelaku diketahui berinisial Hrs (28), dan MNB alias Caban (19).
Kasatreskrim Polres Pulang Pisau, Iptu Jhon Digul Manra, Sabtu (26/1/2019) mengungkapkan, sekitar pukul 17.30 WIB Anggota Resmob Satreskrim Polres Pulang Pisau telah mengamankan dan menangkap dua orang.
Kedua pelaku tersebut ditangkap, karena diduga telah melakukan tindak pidana percobaan pencurian dengan pemberatan di Jalan Darung Bawan Km12.
Saat itu, Tono yang merupakan saksi dari kejadian tengah mengantarkan temannya yang juga melintasi jalan dimaksud, dengan tujuan pulang kerumahnya.
Kemudian, Tono saat melintas melihat ada orang yang tengah membongkar Gardu AJP - 0030. Melihat hal tersebut, Tono berhenti dan bertanya kepada terduga.
Melihat ada yang tidak beres, Tono mulai curiga, karena salah satu dari terduka memegang gunting pemotong besi atau baja. Kemudian Tono tiba-tiba mencabut kunci kontak sepeda motor milik terduga yang terparkir di jalan raya.
Selanjutnya, Tono menghampiri pelaku dan memegang baju pelaku tersebut sambil menghubungi call center PLN untuk memberitahukan bahwa ada org membongkar Gardu PLN.
Usai menelepon pihak PLN Pulang Pisau, tidak lama kemudian datang petugas dan masyarakat, dan langsung mengamankan pelaku yang sempat melarikan diri.
Kemudian pelapor (PLN) melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Polres Pulang Pisau untuk di proses lebih lanjut.
Atas kejadian tersebut pihak PLN ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp3.200.000. "Penangkapan ini setelah kami mendapat informasi dari masyarakat, sehingga Anggota Resmob Satreskrim Polres Pulpis langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku," terang Jhon Digul begitu sapaan akrabnya, menyampaikan kepada media ini, Senin (28/1/2019).
Dari kejadian tersebut, tambah Jhon Digul, pihaknya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa, 3 buah buah NH FUSE merk pm warna putih susu No. Seri : NT -1 125 A IEC : 269-2-1 120 KA.
Kemudian, 4 buah kabel NYY 1 x 70 M2 warna hitam, 1 buah gunting pemotong besi/baja, 2 buah helm, 1 lembar karung warna putih, 1 unit sepeda motor Honda BEAT Nopol DA 6347 DAN warna putih les biru.
"Pelaku ini akan kita kenakan pasal tentang tindak pidana percobaan pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHPidana Jo Pasal 53 ayat (1)  KUHPidana," katanya.[manan]
loading...
TAG