Buruan Daftar Jadi Relawan Demokrasi, Ini Persyaratannya...!

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pulang Pisau, semenjak 10 Januari 2019, telah membuka pendaftaran relawan demokrasi atau relasi bagi warga masyarakat Kabupaten setempat.

Perekrutan anggota relasi itu guna membantu pihak KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini.

Ketua KPU Pulpis, Yuliana, melalui Divisi SDM dan Sarpas, Royan Hanapi, mengatakan bahwa pihaknya telah membuka lowongan bagi masyarakat Pulang Pisau untuk menjadi anggota relawan demokrasi atau relasi di wilayah Bumi Handep Hapakat, guna membantu pihak KPU setempat dalam mensosialisasikan tentang pentingnya pemilu dan tentunya membantu KPU dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

"Pendaftaran sudah kita mulai semenjak 10 Januari kemarin sampai dengan 15 Januari ini. Penerimaan sebanyak 55 orng yang terbagi menjadi 10 basis dengan honor Rp 750.000,00 selama 3 bulan kedepan," ucap Royan menyampaikan kepada media ini, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Royan begitu sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa Relawan Demokrasi atau disingkat menjadi Relasi adalah satu bagian dari program sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

"Tugas Relasi tentu membantu mensosialisasikan pentingnya demokrasi dan pemilihan, tata cara pemilihan, calon peserta pemilu dan tahapan pemilu," katanya.

KPU secara berjenjang, tambahnya, memang memiliki personel untuk menangani atau membidangi sosialisasi pendidikan pemilih tetapi masih terbatas karena perhatian kita mencakup semua program.

"Tentu kita tahu bahwa partisipasi terjadi karena pengetahuan yang benar tentang pemilu. Kita harapkan untuk pemilu 2019 ini partisipasi pemilih semakin meningkat," tukasnya.

Sementara, terkait persyaratan pendaftaran relawan demokrasi peserta menyiapkan persyaratan sebagai berikut,  fotocopy KTP yang masih berlaku, fotocopy Ijazah SLTA/Sederajat, pas photo ukuran 4x6 berwarna 4 (empat) lembar, surat pernyataan tidak menjadi anggota parpol sekurang-kurangnya lima tahun terakhir, surat pernyataan relawan demokrasi pemilu 2019 bermaterai Rp 6000, surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS, surat pernyataan tidak pernah terpidana penjara atau melakukan tindak pidana, sertifikat/piagam yang berkaitan dengan kegiatan KPU (bagi yang mempunyai), dan curriculum vitae (Daftar Riwayat Hidup).

"Penerimaan relawan demokrasi ini meliputi 10 basis pemilih, yaitu basis keluarga, pemula, muda, perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, dan keagamaan," tukas Royan menjelaskan.[manan]



loading...
TAG