Angin Puting Beliung Terjang Dua Desa di Kapuas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Angin puting beliung menerjang dua desa di Kabupaten Kapuas, Kalteng, Minggu (27/1/2019). Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.15 WIB.
Desa yang diterjang angin puting beliung adalah Desa Sumber Mulya, Kecamatan Kapuas Murung dan Desa Kahuripan Permai, Kecamatan Dadahup.
Angin puting beliung merusak sejumlah warga, dan membuat sejumlah tiang listrik roboh akibat hantaman angin kencang tersebut.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahathan Sinaga, Senin, (28/1/2019) membenarkan hal itu.
"Iya kita ada rekam data itu, tapi kita perlu kondisi riil di lapangan, tiap rumah ada beberapa lembar yang rusak dan lainnya, tadi malam tim monitor kelapangan tapi hujan lebat dan petir," kata Pahathan, dikonfirmasi via sambungan selular.
Tim BPBD Kapuas, lanjut Dia, saat ini tengah menuju lokasi untuk melakukan pengecekan langsung.
"Itu ada dua desa dan total rumah 17 unit," jelasnya singkat.
Dari data yang dihimpun, sementara kerusakan akibat puting beliung menyebutkan sekitar 5 buah rumah di Desa Sumber Mulya, yang mana atapnya terlepas terbang, dan beberapa tiang listrik ada yang toboh.
Sementara di Desa Kahuripan Permai terjadi kerusakan selitar 17 buah rumah,  dengan kondisi atapnya lepas, beberapa tiang listrik roboh serta 1 buah gedung walet milik warga juga dikabarkan roboh.
Kapolsek Kapuas murung, Iptu Subandi membenarkan adanya bencana angin puting beliung di dua desa tersebut.
"Untuk korban jiwa sementara tidak ada, dan kerusakan lain masih terus di data masing-masing desa," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG