Simmade Program Perpanjangan SIM Hingga Pelosok

Print Friendly and PDF

BUNTOK - Program SIM Masuk Desa (Simmade) yang digagas oleh Satlantas Kepolisian Resort (Polres) Barito Selatan, berhasil berikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat dalam hal perpanjangan SIM hingga pelosok daerah.

Ditemui KabarKalteng di Kantornya, Rabu (5/12/2018), Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan SIK, melalui Kasatlantas, AKP M Fadholin SH, menerangkan, bahwa program unggulan Satlantas Polres Barsel ini, sengaja dilaksanakan, mengingat masih banyaknya wilayah di Barsel yang sulit dijangkau melalui darat.

"Simmade ini, merupakan program unggulan kami (Satlantas), untuk melayani wilayah-wilayah yang sulit dijangkau melalui perjalanan darat, selain itu juga karena jauh dari pusat kota. Targetnya adalah, agar masyarakat yang ada di pelosok, bisa melakukan perpanjangan SIM A dan C, tanpa harus bersusah payah berangkat kesini (Buntok)," terangnya.

Dijelaskan oleh Fadholin lagi, sejak dilaunching awal tahun 2018 lalu, dan dengan biaya PNPB hanya sebesar Rp80.000 untuk SIM A dan Rp75.000 untuk SIM C, program unggulan Satlantas Polres Barsel ini, sudah berhasil menjaring ratusan orang yang melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C hingga kepelosok Desa dan Kecamatan.

Dengan sistem pelaksanaan bergiliran, dari satu kecamatan lain ke-kecamatan lain secara berkala rotasi sebulan sekali, kegiatan ini, diakui oleh perwira berpangkat tiga balok ini,  disetiap kunjungan rata-rata mampu menjaring sedikitnya 20-25 orang per kunjungan.

"Pelaksanaannya kita lakukan berpindah bergiliran, dengan rotasi satu bulan sekali keliling di setiap kecamatan, pada saat hari pasar, supaya pas orang-orang pada ngumpul. Lumayan, setiap kunjungan bisa menjaring 20-25 orang perpanjangan SIM," rincinya.

Lebih lanjut, dikatakan Fadholin lagi, pelaksanaan Simmade ini sendiri sudah dilakukan oleh pihaknya di setiap kecamatan yang ada di Barsel.

"Sudah semua (Kecamatan), tapi ta tadi, misalkan bulan ini di Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), bulan depannya di Karau Kuala, begitu terus, mutar-mutar di semua kecamatan. Harapannya, dengan terus dilaksanakannya program ini, masyarakat yang di pelosok daerah, bisa memanfaatkannya dengan baik dan maksimal," pungkasnya.[tampetu]


TAG