Sepuluh Desa di Barsel Deklarasikan Basno

Print Friendly and PDF

BUNTOK - Peresmian sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) III dan deklarasi Stop Buang Air Sembarangan (Basno) digelar di Kecamatan Gunung Bintang Awal (GBA) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Minggu (30/12/2018).

Prosesi pengucapan deklarasi tersebut dilaksanakan di Desa Ugang Sayu, oleh sepuluh Kepala Desa.

Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri dalam sambutannya menjelaskan, dengan menggelar deklarasi stop buang air besar sembarangan oleh warga desa. Berarti telah menyepakati agar berperilaku untuk hidup bersih, sehat dan mandiri.

Dilanjutkan, salah satunya, masyarakat pedesaan harus memanfaatkan sarana dan prasarana tempat buang air besar yang tersedia. Baik itu bangunan milik pribadi pada setiap rumah warga, ataupun bangunan MCK yang dibuat pemerintah melalui program Pamsimas.

"Mari kita didik, anak-anak kita untuk tidak lagi buang air besar sembarangan," imbaunya.

Pada kesempatan itu, atas nama pemerintah daerah Eddy juga mengucapkan terima kasih kepada BPD Kalteng Cabang Buntok, yang telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat, melalui program CSR nya.

"Semoga sarana dan prasarana yang telah dibantu BPD Kalteng Cabang Buntok pada program Pamsimas III ini akan memberikan maaf yang positif bagi masyarakat kita untuk hidup sehat hidup bersih bebas buang air besar sembarangan," tutupnya.[kenedy]


loading...
TAG