Satpam Jadi Mitra Polisi dalam Kamtibmas

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Upacara HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-38 tahun 2018 berlangsung di Mako Polres Pulang Pisau, Minggu (30/12/2018).

HUT Satpam kali ini mengusung tema "Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019".

Selain jajaran Polres Pulang Pisau, kegiatan HUT Satpam ini juga dihadiri Plt Sekretaris Daerah Pulpis, Saripudin, Pabung 1011/KLK, Mayor Inf Mulyadi, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Agung Nugroho dan Kepala Dinas PU, Usis I Sangkai.

Kapolres Pulang Pisau, AKBP Siswo Yuwono Bima Putra Mada, pada kesempatan itu menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, saat menjadi Inspektur Upacara pada HUT Satpam tersebut.

Ia mengatakan, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional.

Dalam implementasinya, personel Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

Dengan demikian, lanjutnya, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing.

"Menghadapi Pemilu 2019 mendatang, mulai tahapan kampanye, pemungutan, perhitungan maupun rekapitulasi suara, dimana situasi tersebut rawab pemanfaatan isu sara, politik identitas dan ujaran kebencian yang berpotensi timbulnya konflik sosial. Dari itu, dalam menghadapi tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satpam sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dilingkungan kerjanya," pungkasnya.[manan]


loading...
TAG