Bidang PK Gandeng PKL Partisipasi Aktif Jaga Kebersihan

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS -  Keberhasilan penanganan persampahan, sangat ditentukan oleh aparat dan masyarakat. Karenanya diperlukan peran aktif dari semua lapisan warga, tak terkecuali bagi sejumlah pedagang kaki lima (PKL) untuk memelihara kebersihan kota.

Kepala Dinas PUPRPKP melalui Ahmad Isnaine, Kabid Pertamanan dan Kebersihan, Kamis (6/12/2018) mengatakan, pihaknya akan melakukan penataan sejumlah PKL untuk partisipatif aktif menjaga kebersihan khususnya pada area lapak berjualan PKL tersebut.

"PKL yang ada di kota Kapuas, kita inventarisir dan dibentuk per kelompok-kelompok," kata Isnaeini saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Masing-masing kelompok itu, lanjutnya, mesti bertanggungjawab menjaga kebersihan dengan menertibkan sampah sekitar area berjualannya.

Sampah yang terhimpun PKL, lanjutnya, kemudian segera diangkut lagi oleh petugas kebersihan.

"Ke depan juga akan diberikan tempat-tempat sampah bagi sejumlah PKL itu," imbuh Isnaeni.

Jika lapak-lapak PKL tertata tertib, sambungnya, akan berdampak pada kenyamanan berlalu lintas. Selain itu, kebersihan yang terjaga pada area PKL sekaligus merawat kebersihan kota, diharapkan nantinya ada kelompok-kelompok PKL itu bisa menjadi pusat kuliner yang menarik.

"Kebersihan lingkungan itu bisa kita jaga bersama-sama, diperlukan kesadaran bersama guna menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman," pungkas Isnaeni.[zulkifli]


TAG