133 Alsintan Mulai Disalurkan ke Sentra Pengembangan Pangan

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau mulai menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Sebanyak 133 alsintan dibagikan dinas terkait di wilayah sentra-sentra pengembangan tanaman pangan di Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan bahwa alsinta sebanyak 133 itu terdiri dari 80 hand traktor,  3 exsavator, 1 excavator mini, 14 unit traktor roda empat, 5 mesin penanam padi,  5 mesin perontok padi,  5 mesin perontok jagung dan 20 mesin pompa air.

"Untuk saat ini masih dalam proses pembagian. Ini dibagikan sesuai kebutuhan masing-masing wilayah yang menjadi sentra dan untuk alat berat akan diserahkan ke Upja (unit pengelolaan jasa) alsintan, bekerjasama dengan BUMDes, alat yang kecil kepada kelompok tani di sentra pangan," katanya kepada awak media, Rabu (5/12/2018).

Slamet mengatakan penyaluran bantuan diserahkan tanpa pungutan biaya. Jadi, tegasnya kalau ada pungutan biaya, silahkan laporkan.

"Kalau ada pungutan silakan laporkan ke saya. Karena, sejak awal saya sudah memberikan warning kepada bawahan saya, dan jarapannya bantuan ini dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin," tukasnya.[manan]


TAG