Waspada..!, Jalan Poros Palangka Raya-Kuala Kurun Terendam Banjir

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Banjir musiman akibat luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan yang melanda di sejumlah wilayah di Kabupaten Pulang Pisau, hingga Jumat (23/11/2018) mulai merambah ke jalan poros Palangka Raya-Kuala Kurun. Akibatnya sejumlah ruas jalan tersebut digenangi air.

"Hari ini dari pantauan pihak BPBD Pulpis
Desa Tanjung Sangalang dan Poros Jalan Palangka Raya-Kuala Kurun di Kecamatan Kahayan Tengah (Bukit Rawi) mengalami banjir dampak meluapnya DAS Kahayan," ucap Kepala BPBD Pulpis, Salahudin, saat dikonfirmasi media ini, Jumat (23/11/2018).

Kondisi air di Desa Tanjung Sangalang, sudah mulai merendam sebagian badan jalan poros Palangka Raya - Kuala Kurun. Alhasil, BPBD pun terus melakukan upaya pemantaun dan koordinasi dengan kepala desa setempat untuk melakukan pendataan jumlah yang terdampak.

"Sampai saat ini ketinggian debit air di Desa Tanjung Sangalang naik sampai 20 sampai 30 sentimeter, meski demikian kondisi lalulintas masih berjalan normal," katanya.

Dengan kondisi saat ini, BPBD terus mengimbau kepada ketua RT setempat dan warga yang berada di bantaran sungai untuk selalu waspada akan potensi peningkatan debit air dan arus kencang serta dapat membuat bencana korban jiwa.

BPBD juga mengimbau bila debit air terus meningkat agar segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan ke tempat yang lebih aman.

"BPBD Pulpis akan memasang rambu-rambu dan pembatas jalan di beberapa ruas jalan yang terendam. Kita juga terus melakukan koordinasi dengan pihak desa dan aparat setempat untuk pemantauan debit air yang berdampak, baik di Wilayah Kecamatan Banama Tingang maupun di Kecamatan Kahayan Tengah," ungkapnya.

Ia juga menuturkan, sampai saat ini curah hujan masih tinggi, sehingga tidak menutup kemungkinan debit air di beberapa desa yang terdampak banjir akan terus naik sehubungan debit air dari hulu sungai Kahayan terus meningkat.

Selain itu juga, pihaknya menyampaikan imbauan yang dibantu TNI serta Polsek Banama Tingang dan Polsek Kahayan Tengah. Ini agar masyarakat dan pengendara bermotor untuk selalu waspada dan berhati-hati saat melalui jalan poros Palangka Raya - Kuala Kurun yang terendam, karena ada beberapa lubang di sisi kiri dan kanan jalan.

"Hari Kamis kemarin kita sudah memasang pembatas jalan untuk pengamanan bagi pengguna jalan agar berhati-hati dalam beberapa hari ini kemungkinan debit air akan meningkat karena curah hujan cukup tinggi," pungkasnya.[manan]


TAG