Wabup Nafiah Buka Konfercab NU

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas, Drs Nafiah Ibnor MM membuka langsung acara pembukaan Konferensi Cabang  (Konfercab) X Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kapuas di Hotel Permata Inn yang berlokasi di jalan Tjilik Riwut, Senin (5/11/2018) malam.

Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama lima tahun berlalu NU Kabupaten Kapuas selalu eksis membantu pemerintah Kabupaten Kapuas membangun masyarakat, terutama dibidang kemasyarakatan dan keagamaan, ini saya selaku Bupati Kapuas tentu sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus NU Kabupaten Kapuas masa Khidmat 2013-2018.

“NU Kabupaten Kapuas selama ini selalu hadir bersama pemerintah tidak saja berkenan dengan keagamaan, namun juga bersentuhan dengan pendidikan, kesehatan, keluarga berencana, kebangsaan, kerukunan umat beragama dan masih banyak peran lainnya,” ungkap Nafiah.

Ketua Panitia Konfercab X NU H Norsalim S.PdI dalam laporannya menyampaikan adapun tema kegiatan bertema penguatan peran dan kiprah NU dalam dinamika kehidupan menuju Kapuas Berkah.

Selain itu dijelaskan pula kegiatan tersebut bertujuan untuk  memilih ketua umum cabang NU Kabupaten Kapuas 2018-2023 serta menyusun kepengurusannya dan berdisuksi mengenai ketetapan-ketetapan yang harus dijalankan dalam rangka penguatan kiprah dan peran NU, disampaikan pula sumber dana berasal dari Bagian  Kesejahteraan  Rakyat (Kesra) Setda Kapuas.

Selain itu dalam kesempatan yang sama Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Kapuas Drs H Nurani Sarji, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan pada tahun 2019 akan membentuk kepengurusan NU Kecamatan yang baru di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Mandau talawang, Pasak Talawang dan Bataguh serta pengurus ranting dibeberapa desa dan kelurahan.

“NU sebagai organisasi besar Hidup dalam konteks Nasional sehingga  NU harus dapat menyesuaikan dengan tuntutan jaman namun tidak kehilangan jati dirinya, NU selalu memantapkan cara berfikir dan bersikap yang mampu menjawab perkembangan permasalahan jaman,” tutur Nurani.

Sementara itu, Ketua Pengurus wilayah NU Provinsi Kalteng H Wahyudi F Dirun SH, MM menyampaikan beberapa waktu lalu tepatnya 20 Oktober 2018 baru saja diselenggarakan peringatan hari Santri Nasional, hal tersebut merupakan bukti pengakuan dari Negara atas jasa santri dan Ulama dalam memperjuangkan dan merebut serta mengawal dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Kapuas adalah Kabupaten terbesar dengan penduduk islam yang banyak, dimana banyak diantara para Kiai memiliki dan mendirikan pondok pesantren karena itu kami Pengurus Wilayah berharap peringatan hari Santri di tahun mendatang gaungnya lebih heboh di Kabupaten Kapuas,” jelas Wahyudi.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut forkopimda, beberapa kepala SOPD Pemda Kapuas, tkoh agama dan peserta Konfercab NU Ke X Kabupaten Kapuas.[angga]


TAG