Nadalsyah Lepas Kontingen Festival Tandak Intan Kaharingan

Print Friendly and PDF

MUARA TEWEH - Wakil Bupati Barito Utara (Barut), Sugianto Panala Putra SH melepas secara resmi 103 orang peserta Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dilaksanakan di Kota  Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur (Bartim) pada tanggal 27 November hingga 1 Desember 2018. Pelepasan kontingen dilaksanakan di halaman kantor Bupati setempat.

Bupati Barut H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sugianto Panala Putra mengatakan, Festival Tandak Intan Kaharingan sudah tidak asing lagi bagi Umat Hindu Kaharingan di Kalteng khususnya di kabupaten Barut.

"Kegiatan seperti ini secara rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi ataupun tingkat nasional," ucapnya, Senin (26/11/2018).

Dilanjutkan, penyelenggaraan Festival Tandak Intan Kaharingan ini tentunya tidak hanya sekedar bekmakna sebagai peneguhan iman umat Hindu Kaharingan saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil, out come kegiatan pembelajaran agama Hindu Kaharingan berlangsung di tengah masyarakat, melalui berbagai sekolah yang tersebar di Kabupaten Barut khususnya, dan Kalteng pada umumnya.

"Marilah kita jadikan setiap penyelenggaraan festival tandak intan kaharingan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ini sebagai momen untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan ajaran kitab Suci Intan Kaharingan di lingkungan keluarga, khususnya masyarakat hindu kaharingan. Dan melalui momen kegiatan ini marilah kita tingkatkan kerukunan umat beragama di Bumi Isen Mulang Kalimantan Tengah," imbuhnya.

Lebih lanjut, Sugianto Panala Putra berharap kontingen Barut yang akan mengikuti kegiatan ini   diberikan keselamatan serta kesehatan, dan dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan dan lancar.[doni]


TAG