Pasca dari Tangkahen, Kejari Optimis Pariwisata di Pulpis Berkembang

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Usai berkunjung ke Desa Tangkahen, Kecamatan Banama Tingang pada Senin (26/11/2018), Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pulang Pisau, Triono Rahyudi, yang merupakan inisiator pengembangan Pariwisata di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau kembali berkomitmen Desa Tangkahen sebagai salah satu desa yang bakal menjadi ekowisata di daerah tersebut.

"Saya terus berkomitmen untuk mewujudkan mimpi dan harapan masyarakat Pulang Pisau, khususnya warga Desa Tangkahen untuk menjadikan daerahnya sebagai Desa Ekowisata," ucap Kajari saat ditemui sejumlah awak media, Selasa (27/11/2018) di ruang kerjanya.

Kajari menceritakan saat berkunjung ke Desa Tangkahen, dirinya dirinya disambut baik oleh salah satu pelaku sejarah Desa Tangkahen tersebut

Selanjutnya, diakui Triono, setelah melihat kondisi yang ada di desa itu, ia sangat yakin Desa Tangkahen memiliki potensi wisata dengan daya daya tarik unik yang patut dikembangkan.

Keberadaan Hutan Desa dan beberapa peninggalan sejarah seperti rumah bersejarah, tugu dan situs-situs bersejarah lainnya ada di desa tersebut.

Dari itu, apabila dikelola dengan baik bisa menjadi daya tarik wisatawan. Sehingga akan memberikan kemajuan desa dan daerah kedepannya.

"Keberadaan Hutan Desa Tangkahen sangat mendukung upaya pelestarian kawasan hutan dan pembangunan rendah emisi. Diantaranya, dengan kegiatan pengembangan alternatif mata pencaharian yang berkelanjutan dan pelestarian kawasan hutan desa melalui ekowisata. Kita terus optimis program ini berhasil," kata Kajari.

Selain itu juga, ia melihat kesadaran masyarakat dalam  melindungi kawasan hutan, situs sejarah, adat budaya dan kearifan lokal sangat tinggi. Dari itu, Tim Pokja pengembangan wisata Kabupaten Pulang Pisau bersama mitra Usaid Lestari didukung pemerintah daerah dan pelaku pariwisata secara bahu-membahu akan mempercepat pembangunannya untuk mewujudkan Pariwisata Daerah.

"Kita akan mulai dari Hutan Desa Tangkahen dulu sebagai pilot project pengembangan wisata Pulpis," tukasnya.

Sementara terpisah, salah satu pelaku sejarah Desa Tangkahen, Suntil L Hanyi menyambut baik dan memberikan  apresiasi kepada pihak terkait dalam upaya pengembanan Desa Wisata di daerah Tangkahen, khususnya kepada Kejari Pulang Pisau,Triono Rahyudi yang dengan semangatnya menjadi inisiator untuk mengembangkan Pariwisata yang ada di Bumi Handep Hapakat.

"Saya selaku warga Desa Tangkahen sangat mendukung upaya yang akan dilakukan Pak Kajari dan Tim Pokja untuk menjadikan Hutan Desa Tangkahen menjadi Ekowisata Alam," tuturnya.[manan]


TAG