Terpilih Aklamasi, Ikhsanudin Pimpin KNPI Maliku

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU -Musyawarah Kecamatan (Mus­cam) Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), secara aklamasi memilih Ikhsanudin Bayu Nurrakhman, S Pd, sebagai ketua terpilih KNPI Kecamatan Maliku masa bakti 2018-2021, Kamis, (29/11/2019) bertempat Aula kecamatan setempat.

Acara yang berlangsung sekitar pukul 10.00 Wib itu, sedikitnya dihadiri 7 orang Pengurus dari KNPI Kabupaten, 13 orang perwakilan pemuda dari desa-desa di Maliku-Maliku dan 2 orang dari pihak Kecamatan Maliku.

Pada kesempatan itu, Ketua KNPI Demisioner Lusiam Maharani, menyampaikan jika beberapa tahun terakhir ini, KNPI di Kecamatan Maliku mengalami mati suri karena tidak ada dukungan dari KNPI kabupaten.

Bahkan ia menyebutkan, selama ini dalam berkegiatan KNPI Kecamatan Maliku hanya secara swadaya. Meski demikian, pihaknya masih berhasil memiliki aset berupa 2 ekor kambing, bendera Pataka KNPI, stempel dan 7 lembar baju hasil kegiatan.

Melihat kondisi seperti itu, Lusiam Maharani berharap kedepannya KNPI kabupaten bisa mendukung sepenuhnya setiap usulan pihak kecamatan, terutama untuk mengakomodir kegiatan kepemudaan di kecamatan.

"KNPI ditempat kita bisa terbilang mati suri. Dari itu kedepannya agar dapat diperhatikan guna kemajuan pemuda di daerah kita," ucapnya pada kesempatan itu.

Sementara pada kesempatan yang sama, Sekretaris KNPI Kabupaten Pulang Pisau, Dedy Sanjaya mengatakan bahwa KNPI kabupaten baru dibentuk tahun 2017 dan bisa pelantikan tahun 2018.

Sehingga anggaran organisasi baru di dapat pada tahun ini, yaitu melalui dana hibah sebesar Rp 100 juta. Dalam nilai tersebut, lanjut Dedy, diperuntukan untuk program kegiatan KNPI kabupaten, seperti kegiatan yang sudah dilakukan saat ini melangsungkan seminar kepemudaan, seminar Hari Pahlawan,  Dasar Kepemimpinan, Goes To School di 3 sekolah, serta Muscam Di 8 kecamatan.

"Artinya KNPI kabupaten untuk tahun anggaran ini masih belum bisa mengakomodir usulan KNPI kecamatan, termasuk KNPI Kecamatan Maliku," ucap Dedy menjelaskan.

Meski demikian, tambah Dedy, untuk tahun 2019 mendatang, KNPI kabupaten sudah mengusulkan kenaikan dana anggaran, agar kegiatan di kecamatan bisa di akomodir.

"Semoga tahun depan kita dapat mengakomodir seluruh anggota KNPI, mulai tingkat kabupaten sampai kecamatan. Tak lupa juga kita Apresiasi yang sebesar- besarnya bagi pengurus KNPI kecamatan, khususnya buat demisioner (Lusiam Maharani) atas dedikasinya dalam membesarkan KNPI beberapa tahun terakhir," tutur Dedy mengungkapkan.

Sementara pula, disampaikan ketua terpilih, Bayu Saputra, dalam sambutan  mengaku akan memperbanyak program kerja di bidang olahraga karena selama ini minat pemuda Maliku lebih tertarik di bidang olahraga sepakbola dan Voli.

Selain itu dirinya juga mengaku, akan langsung menyusun formatur pengurus dan berkoordinasi dengan KNPI kabupaten.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung saya untuk memimpin KNPI Kecamatan Maliku. Amanat ini akan saya jalankan dengan sebaik mungkin," ucapnya dengan cukup singkat.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Maliku, Rumbun, merasa bangga dengan dihidupkannya kembali KNPI di Kecataman Maliku ini.

"Saya minta kepada ketua terpilih beserta pengurus dan anggotanya selanjutnya dapat langsung bekerja dengan merangkul para pemuda dari 15 desa se- Kecamatan Maliku," tukasnya.

Setelah Muscam selesai, pengurus KNPI Kabupaten Pulang Pisau bersama Ketua KNPI Kecamatan Maliku terpilih smelakukan silahturahmi dengan Polsek Maliku yang disambut dan diwakili Kanit Sabhara Brigadir Yuanter.

Pihak kepolisian juga mengapresiasi terbentuknya pengurus baru KNPI Kecamatan Maliku. Selanjutnya diharapkan bisa bekerja sama dalam menjaga Kamtibnas.

Acara berjalan lancar dan tertib, sampai kepulangan para pengurus KNPI Pulpis menuju Pulang Pisau.[manan]


TAG