SUTET Roboh, Palangka Raya Terancam Pemadaman Bergilir

Print Friendly and PDF

PALANGKA RAYA - Investigasi malam dilakukan Petugas PLN. Ini menindaklanjuti terkait robohnya Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 150 kilovolt yang berada di Jalan Mahir Mahar Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Sabtu (3/11/2018).

"Penyebabnya masih kita lakukan investigasi," kata Dedy Yunarto, Humas PLN Rayon UP3 Palangka Raya.

Dedy menuturkan, petugas PLN sudah ada di lokasi robohnya SUTET tersebut. Untuk sementara, belum diketahui pasti penyebabnya.

"Nanti kalau ada perkembangan lebih lanjut, kita sampaikan," tuturnya.

Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng, M Yusfiansyah mengatakan, dampak dari peristiwa itu menyebabkan sistem interkoneksi Kalimantan Selatan - Kalimantan Tengah terputus.

Beberapa gardu induk (GI) yakni GI Palangka Raya, GI Kasongan, GI Sampit, dan GI Bagendang, padam. Sehingga suplai listrik ke pelanggan terputus.

Upaya pemulihan yang dilakukan PLN Kalselteng adalah dengan mendirikan tower darurat sebagai pengganti SUTET 150 Kv yang roboh.

Selama sistem interkoneksi Kalselteng terputus, suplai listrik untuk Kota Palangka Raya dan sekitarnya akan mengandalkan PLTD Kahayan dan PLTD Baamang dengan total daya 17,5 MW.

"Rencananya nanti akan dilakukan pemadaman secara bergilir," tutupnya.[abimanyu]


TAG