Samakan Persepsi Pengawasan, Bawaslu Kapuas Rakor dengan Panwascam

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Rapat Koordinasi (Rakor) pengawasan tahapan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama 17 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kapuas, resmi ditutup, Rabu (7/11/2018).

Iswahyudi Wibowo SH, Ketua Bawaslu Kapuas mengatakan, Rakor ini sebagai pemantapan persiapan dan kesiapan Pemilu dan penguatan efektivitas penyelenggaraan pengawasan tahapan Pemilu 2019.

"Rakor tiga hari ini untuk menyamakan persepsi pengawasan setiap tahapan kampanye baik dalam prosedur pengawasan, pengawasan APK, pengawasan kampanye, prosedur penanganan pelanggaranpun kita menyamakan persepsi," kata Iswahyudi usai menutup kegiatan Rakor, di hotel Walet Mas, Kapuas.

Dalam menjalankan tugas pengawasan, lanjutnya, Bawaslu, Panwaslu Kecamatan beserta PPL berpedoman dengan Peraturan KPU Nomor 33 tahun 2018 perubahan kedua atas PKPU nomor 23 tahun 2018 dan Perbawaslu nomor 28 tahun 2018 tentang pengawasan Pemilu, serta Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

"Kami berharap Panwaslu Kecamatan bersama PPL agar dapat memahami dan mengusai aturan dan perundang-undangan tersebut," Pungkas Iswahyudi.

Rakor yang digelar dari 5 hingga 7 November 2018 ini diikuti 85 orang peserta, terdiri komisioner Panwascam kecamatan serta dari kesekretariatan Panwascam.[zulkifli]


TAG