Realisasi Program PTSL BPN Kapuas Tembus Angka 100 Persen

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, saat ini bergerak menuju anggka 100 persen.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kapuas, Suraji SH MM MKn, Senin (5/11/2018) mengatakan, pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kapuas terdapat 25.000 bidang dan ditambah 1000 bidang optimalisasi anggaran.

"Jadi ada 26 ribu bidang ini target Kapuas," kata Suraji dikonfirmasi di ruang kerjanya di Kantor BPN Kapuas, Jalan Tambun Bungai.

Untuk aplikasi, lanjutnya, hingga saat ini telah mencapai 18.000, sedangkan yuridis telah bergerak mencapai angka 23.000.

"Tapi fisik sudah semua 26 ribu," imbuhnya.

BPN Kapuas bersama jajaran, sambungnya, dengan kerja keras tengah berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target program PTSL di Kabupaten Kapuas.

"Insya Allah, mudahan laporan aplikasi Kapuas, dan itu dilihat se-Indonesia, pada minggu ini kita sudah mencapai 100 persen," jelas Suraji.

Lebih jauh, dikatakannya, yang perlu diketahui dari program PTSL bahwa tidak mesti semua harus selalu terbit sertifikat karna PTSL terdiri beberapa kluster.

Kluster satu (K1), yakni bidang tanah yang memenuhi syarat untuk diterbitkan sertifikat, kluster dua (K2), bidang tanah yang hanya dicatat dalam buku tanah karena dalam keadaan sengketa atau berperkara.

Pada kluster tiga (K3), yaitu bidang tanah yang hanya didaftarkan dalam daftar tanah, karena subyek atau obyeknya tidak memenuhi syarat, sedangkan kluster empat (K4) adalah bagi bidang-bidang yang sudah pengukuran dan terbit sertifikat, kluster empat ini menyempurnakan peta-peta bidang tersebut.

"llustrasinya PTSL itu terdaftar, jadi PTSL ini tidak semua out put nya sertifikat tapi yang pasti out putnya bidang," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui salah satu program Presiden Jokowi adalah percepatan penerbitan sertifikat tanah, sedangkan PTSL merupakan instrumen pelengkap atau tahap akhir dari program reformasi agraria itu.[zulkifli]


TAG