Problem Solving Tuntaskan Perselisihan antar Geng

Print Friendly and PDF

KASONGAN - Kapolsek Katingan Kuala Ipda Bahrul Ilmi S.Sos melalui anggota Bhabinkamtibmas Polsek Katingan Kuala terus berkomitmen menciptakan kehidupan harmonis, damai di wilayah hukumnya. Salah satunya dengan melakukan problem solving terhadap permasalahan warga, Selasa (6/11/2018).

Kapolsek Katingan Kuala dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Pegatan Hulu, Brigpol Leander melakukan penyelesaian masalah Nur Apingki Bin Hardianur (16), warga Jalan Swadaya Kelurahan Pegatan Hulu.

Titik masalah ada pada perbuatan menulis mencoret jalan lintas antara Pegatan dan Kampung Tengah dengan tulisan "GMP (Genk Macan Putih)", pada 31 Oktober 2018 lalu.

Anggota Polsek kemudian melakulan penyelidikan lebih lanjut melalui handphone milik Nur, di mana GMP juga memiliki keterkaitan dengan geng anak-anak SMPN 1 Katingan Kuala dengan nama Geng Anak remaja Pegatan (Arpega). Geng ini membuat resah siswa dan pengajar di sekolah.

Kapolsek bersama Bhabinkamtibmas memanggil Nur untuk diberikan nasihat sehubungan perbuatan yang telah dilakukannya. Juga membuat surat pernyataan yang isinya antara lain.

Nur diminta berjanji tidak akan mengulangi perbuatan mencoret jalan atau perbuatan dalam bentuk apapun yang melanggar hukum dan perundang undangan yg berlaku.

Bersedia tidak akan mengganggu anak - anak  membuat SMPN 1 Katingan Kuala dan akan membubarkan GMP serta tidak akan membuat ataupun membentuk geng lainnya.

Berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut di atas, dan apabila mengulangi maka bersedia dituntut sesuai hukum dan perundang undangan yang berlaku.
Dalam penyelesaian masalah ini disaksikan oleh tokoh masyarakat kelurahan Pegatan Hulu, Syamsudin.

Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting, SH SIK MH melalui Kapolsek Katingan Kuala Ipda Bahrul Ilmi mengatakan, sekecil apapun permasalahan di wilayah harus diselesaikan sampai tuntas. Jangan sampai meninggalkan sisa masalah sehingga bisa berkembang menjadi potensi konflik yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas yang sudah kondusif.

"Dengan problem solvinglah salah satu jalan penyelesaiannya," jelasnya.[abimanyu]


TAG