Pimpin Apel HUT PGRI ke-73 dan HGN, Ini Pesan Bupati Edy..!

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Upacara Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-73 tahun 2018 di Kabupaten Pulang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten setempat, Senin (26/11/2018) pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo S.Sos MM yang diikuti seluruh insan pendidikan, mulai tingkat SD, SLTP dan SLTA/Sederajat.

Selain itu upacara HUT PGRI dan HGN di Bumi Handep Hapakat ini juga dihadiri, Ketua DPRD Pulpis, H Maruadi, Plt Sekda, Ir Saripudin, Kepala Disdik, Hj Aminah, Ketua TP PKK, Hj Nunu Adriani Edy Pratowo, Forkopimda, para asisten Setda Pulpis, seluruh kepala OPD, Camat dan para guru se-Kabupaten Pulang Pisau.

Peringatan HKN dan PGRI ke-73 tahun 2018 kali ini mengusung tema "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21".

Bupati Edy Pratowo menyampaikan beberapa hal penting diantaranya para guru diharapkan selalu profesional dalam dalam setiap melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pendidik.

"Tentunya sangat diperlukan guru yang profesional dalam mengemban tugas dan fungsi dalam mengemban nilai-nilai luhur seorang pendidik," ucapnya

Selain itu juga, kata Edy, guru dituntut harus terus belajar dengan menyesuaikan perkembangan zaman, dimana peran guru di era ini sangat menentukan nasib para generasi penerus dalam menghadapi berbagai macam tantangan zaman.

"Jadi, guru juga harus terus belajar, bukan peserta didik saja. Marilah kita bergandengan tangan untuk memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan, khususnya di Bumi Handep Hapakat ini," tukasnya.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Edy meminta kepada dinas terkait dalam hal ini Disdik Pulpis, agar secepatnya melakukan pemetaan dan pemeraraan guru di daerah terpencil. Karena menurutnya sesuai laporan yang diterimamya, masih banyak daerah-daerah terpencil di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang kekurangan guru.

Dari itu, tambahnya, kedepan pemerataan guru sudah sepadan. Artinya tidak ada lagi daerah yang kekurangan guru.

"Karena kabarnya masih banyak daerah yang kekurangan guru, sedangkan disisi lainnya ada wilayah yang membludak gurunya. Jadi, kita minta disdik dapat melakukan pemetaaan untuk melaksanakan pemerataan tersebut," pungkasnya.

Sementara Kadisdik Pulpis, Hj Aminah, pada kesempatan yang sama menyampaikan, bahwa pihak dalam waktu dekat ini akan melakukan pemetaan guna melaksanakan pemerataan guru untuk daerah-daerah terpencil.

"Tahun 2019 nanti Insya Allah tidak ada lagi di daerah kita yang kekurangan guru," tukasnya.

Ia juga berharap agar para guru terus meningkatkan kualitas kinerjanya sebagai seorang pendidik. Karena guru harus dituntut profesional dan berkompeten tentunya.[manan]


TAG