Petugas Gabungan Razia Rokok Ilegal di Katingan Kuala

Print Friendly and PDF

KASONGAN - Maraknya peredaran rokok ilegal mendasari Polsek Katingan Kuala untuk lakukan razia di sejumlah kios. Peredaran rokok ilegal dinilai tak hanya mengancam kesehatan masyarakat, namun juga perekonomian negara.

Dalam rangka memberantas peredaran rokok ilegal, khususnya di wilayah hukum Polsek Katingan Kuala, Kapolsek mendampingi petugas Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Sampit dan Satpol PP Kabupaten Katingan serta anggota Polsek, Senin (5/11/2018).

Kapolsek Katingan Kuala, Ipda Bahrul Ilmi S.Sos mengatakan, peredaran rokok ilegal ini berdampak pada penurunan daya saing perusahaan rokok yang memang memiliki izin resmi dari Bea Cukai.

"Dengan harga yang relatif murah, rokok-rokok ilegal cenderung lebih laku di pasaran dibandingkan dengan rokok legal yang dilekati pita cukai resmi," tuturnya.

Tim sendiri beranggotakan dari Pelaksana Petugas dari Bea dan Cukai Sampit sebanyak dua orang, Pelaksana Petugas dari Satpol PP Kabupaten Katingan delapan orang, plus Polsek Katingan Kuala.

Mereka menandatangi kios-kios yang menjual rokok illegal dan berhasil mendata tiga orang yang kiosnya menjual rokok ilegal. Pelaku berinisial Asm, Ans, dan Rid, yang mana ketiganya warga Katingan Hilir.

"Total sitaan rokok ilegal merek Friend 40 bungkus, merek Millioner 24 bungkus, merek Green Light 1 bungkus, merek Gudang Jati 1 bungkus dan merek Rol Medhal 1 bungkus," ungkap Kapolsek.

Kemudian barang yang disita tersebut dibawa ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sampit guna proses lebih lanjut.[abimanyu]


TAG