Lima Fraksi Dewan Sepakat Terima Raperda APBD Tahun 2019

Print Friendly and PDF

BUNTOK - Kelima fraksi pendukung DPRD Kabupaten Barito Selatan, sepakat menerima Rancangan Peratura Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019, Kabupaten berjuluk Bumi Batuan tersebut.

Bertempat di Graha Paripurna DPRD Barsel, dalam rapat Paripurna XIV masa sidang Ke-III, Rabu (21/11/2018), kelima fraksi pendukung dewan, yakni fraksi PDIP, fraksi Golkar, fraksi PAN, fraksi Demokrasi Kebangsaan dan fraksi Pembangunan Kesejahteraan, sepakat menerima Raperda APBD tahun anggaran 2019.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Barsel, Rahayuhani ST tersebut, ada satu catatan yang disampaikan oleh fraksi PDIP kepada Pemkab Barsel.

Dibacakan oleh juru bicara fraksi, Franklin Meidalano SE, fraksi PDIP sebagai partai oposisi pemerintah dengan jumlah kursi terbanyak, yakni sembilan kursi, meminta kepada Pemkab Barsel untuk segera mencarikan solusi permasalahan terkait larangan pembakaran hutan dan lahan oleh warga.

Hal ini, menurut pria yang akrab disapa Lano ini, larangan tersebut harus segera dicarikan solusinya yang tepat bagi masyarakat, apalagi menyangkut dengan pembakaran lahan, sedangkan di dalam praktiknya, budaya masyarakat terutama di Barsel, pembukaan lahan ladang masyarakat yang sejak dahulu melakukan pembakaran saat hendak memasuki musim bercocok tanam atau berkebun.

Lanjutnya, terutama untuk wilayah di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Dusun Utara dan Gunung Bintang Awai, yang dalam hal ini tengah gencar melaksanakan program percetakan sawah baru.

"Terkait larangan pembakaran hutan dan ladang oleh Pemerintah khususnya Kementerian, tidak ada solusi untuk hal tersebut. Kami dari fraksi PDIP menyarankan, kepada pemerintah, untuk mencarikan solusinya, terutama di dua Kecamatan, yakni Dusun Utara dan GBA, misalnya percetakan sawah baru," sebutnya.

Sementara itu, empat fraksi lainnya, yakni Golkar, PAN, FDK dan FPK, juga turut menyampaikan pemandangan umum yang sama, yakni menerima Raperda yang diajukan oleh Pemkab, yang disampaikan dalam pidato pengantar Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri ST, pada rapat Paripurna XIII masa sidang Ke-III, Senin (19/11/2018).

Dalam pidato pengantarnya, Eddy Raya, menyampaikan Raperda APBD Tahun 2019, sebesar Rp1,022 triliun.

Rapat paripurna yang dilaksanakan hingga tengah hari tersebut, juga dihadiri oleh Bupati Barsel, Wakil Bupati, Forkopimda, Kepala SOPD di lingkungan Pemkab Barsel.[tampetu]


TAG