KPHP Kapuas Hulu Sosialisasikan Pemanfaatan Wisata Alam

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Dinas Kehutanan dalam hal ini Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kalimantan Tengah melakukan sosialisasi pemanfaatan dan pengembangan wisata alam di wilayah Kecamatan Kapuas Hulu.

"Di perbatasan, tepatnya Desa Jakatan Pari Kecamatan Kapuas Hulu akan dilakukan pengembangan rest area, yaitu Jalan Lintas Palangkaraya-Kuala Kurun, Sei Hanyo-Puruk Cahu, di mana dalam lokasi rest area tersebut terdapat air terjun, kebun durian dan direncanakan penanaman kebun jagung dan buah-buahan," kata Subandri, Kepala UPT KPHP  Kecamatan Kapuas Hulu Unit X dan Unit XII, Kamis (22/11/2018).

Pembangunan rest area lainnya di Desa Lungkuh Layang Kecamatan Timpah, lanjutnya, sekaligus juga wisata buatan (spot-spot photo, rumah pohon, flying fox, dan lainnya).

Menurutnya  untuk mewujudkan program ini masih terkendala masalah anggaran,  tenaga survei dan jauhnya jarak tempuh ke lokasi tersebut.

Sementara itu, potensi jasa lingkungan yang dimiliki UPT-KPHP Kapuas Hulu unit X dan unit XII, di antaranya seperti aliran air di desa Jakatanpari, perlindungan keanekaragaman hayati di Desa Lungkuh Layang.   

"Sedangkan yang akan dibangun adalah jenis usaha pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam pada hutan produksi," imbuhnya.

Hal itu meliputi usaha penyediaan sarana wisata alam meliputi sarana dan prasarana berupa areal tempat peristirahatan (rest area) dan kegiatan usaha perlindungan keanekaragaman hayati.

Direncanakan pasca sosialisasi, promosi dan fasilitasi untuk pemanfaatan dan pengembangan jasa lingkungan ini akan dilaksanakan identifikasi areal hutan alam prakondisi pemanfaatan dan pengembangan jasa lingkungan oleh UPT-KPHP Kapuas Hulu.

Menurutnya, potensi jenis usaha pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam pada hutan produksi, yakni usaha penyediaan sarana wisata alam meliputi sarana dan prasarana berupa areal tempat peristirahatan ini dijadikan pilihan utama untuk dibangun.

Lokasi rest area berada di dalam wilayah tertentu KPHP Kapuas Hulu Unit X dan berdekatan dengan areal perlindungan Keanekaragaman hayati, terletak sekitar tugu perbatasan Kabupaten Kapuas dengan Kabupaten Barito Selatan Jalan lintas provinsi Desa Lungkuh Layang Km 9  dan luas areal ± 2 hektare, dengan
potensi dan daya tarik berupa areal hutan produksi yang berbatasan langsung dengan akses jalan transportasi jalan darat dan berada di alam terbuka yang menarik dan menyenangkan.

Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan, KPHP Kecamatan Kapuas Hulu unit X dan XII, Syahbudin menambahkan, pihaknya sudah mensosialisasi kepala lapisan masyarakat yang dihadiri sekitar 60 orang beserta unsur Tripika dan terkait.

"Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di aula Desa Lungkuh Layang Jalan Pelajar RT. 02 Desa Lungkuh Layang Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas," pungkas Syahbandi.[zulkifli]

TAG