Hore...!, Kelurahan bakal Dapat Dana Juga

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH membuka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Murung, Rabu (31/10/2018) lalu.

Jambore PKK Kapuas Murung tidak kalah meriahnya dengan Jambore PKK di kecamatan lainnya. Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan Piagam Penghargaan Duta Imunisasi kepada Ketua TP PKK Desa, menyerahkan bibit tanaman sirsak dan jahe kepada Ketua TP PKK Kecamatan, menyerahkan Handtracktor kepada kelompok tani di desa tersebut dan penyerahan bibit ikan.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, Sekretaris TP PKK Kabupaten Kapuas beserta jajaran, Plt Camat Kapuas Murung M Saribi besera Unsur Tripika Kecamatan, Plt Ketua TP PKK Kecamatan besera jajaran, Kepala KUA Kapuas Murung, Kepala Desa se Kecamatan Kapuas Murung masing-masing beserta Ketua TP PKK Desa dan peserta jambore kader PKK se Kecamatan Kapuas Murung.

Adapun Jambore PKK di Kecamatan Kapuas Murung diikuti oleh 16 Desa dan 2 Kelurahan. Kemudian, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah kepada para pemenang yang diberikan langsung oleh Bupati Kapuas.

Untuk Lomba Pidato juara pertama diraih oleh Kelurahan Palingkau Lama, juara pertama lomba yel-yel diraih oleh Desa Manggala Permai, Lomba Vocal Solo Kepala Desa juara pertama diraih oleh Palingkau Sejahtera, dan Defile juara pertamanya diraih oleh Kelurahan Palingkau Lama.

Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan, semua pihak ingat bahwa Dana Desa lahir tahun 2014 dan Bupati Kapuas pada waktu itu membuat visi misi pada tahun 2013 bahwa Pemerintah Daerah akan memberikan dana untuk pembangunan desa.

Namun, program tersebut kemudian diambil alih oleh Pemerintah Pusat yaitu menjadi Program Presiden RI Joko Widodo, bahwa Kepala Desa harus ingat Program Desa adalah Program Bapak Jokowi.

Kemudian, ke depan, lanjut Ben Brahim, untuk tahun 2019  kelurahan akan mendapatkan dana yang sama seperti Desa. “Sudah mendekati kepastian, saya ingat betul pertemuan terakhir Kabupaten seluruh Indonesia, saya termasuk yang dipanggil dalam pertemuan dengan Presiden, dan saya minta beberapa hal salah satunya bagaimana supaya Kelurahan mendapatkan dana seperti dana desa, ini rupanya di respon oleh Beliau dan berarti tahun 2019 kelurahan akan mendapatkan dana seperti dana desa,”terangnya.

Orang Nomor Satu di Kapuas itu berpesan, jadikan Jambore Kader PKK menjadi ajang menjalin silahturahmi, mengikat persaudaraan yang erat.

Sementara itu, Ary Egahni dalam sambutannya mengatakan tujuan diadakannya Jambore PKK adalah agar seluruh kader seacara berjenjang dari tingkat kecamatan sampai desa dapat memahami tugas dan fungsi PKK dan dapat mengeksekusi 10 Program Pokok PKK kepada masyarakat.

“Kader PKK kader yang sangat luar biasa, bagaimana masyarakat di tingkat desa dapat diberdayakan keluarganya, diberdayakan masyarakatnya yang ujungnya nanti masyarakat ini akan menjadi sejahtera itu tercakup dan tercantum semua dalam 10 Program Pokok PKK,”katanya.

Secara khusus ia mengimbau dan mengharapkan kerja sama semua pihak, tokoh agama, alim ulama, tokoh masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan bahwa Kabupaten Kapuas mengalami kejadian luar biasa Campak Rubella.

Untuk itu ia menyampaikan dan menginformasikan bahwa MUI sudah memberikan fatwa kepada masyarakat dapat memperbolehkan anak-anak di imunisasi Campak Rubella.

“Kalau seandainya anak-anak kita terkena campak Rubella dia akan menjadi beban bagi diri sendiri, beban buat masa depannya dan beban buat bangsa negara. Saya ingin semua Ketua TP PKK Desa ketika diserahkan piagam penghargaan sebagai duta imunisasi, saya berharap terus menjadi semangat menggelorakan bahwa anak-anak terimunisasi dengan baik,” terangnya.

Ary menuturkan, kegiatan jamboree PKK merupakan ajang menggelorakan semangat para kader pkk dengan bersilahturahmi, bertukar pengalaman satu dengan yang lainnya.

Ia menyampaikan selamat kepada para pemenang dan yang belum berkesempatan menjadi pemenang jadikan ajang tersebut sebagai kesempatan untuk menimba ilmu berbagi pengalaman dan bersilahturahim satu sama lain.[angga]


TAG