Hari Pahlawan, Simak Kata-kata Bijak Pahlawan Nasional

Print Friendly and PDF

HARI PAHLAWAN menjadi hari ketika bangsa kita mengenang jasa pahlawannya yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Setiap tanggal 10 November adalah momentum diperingatinya hari pahlawan.

Selain membawa bangsa ke depan pintu gerbang kemerdekaan, para Pahlawan Nasional Indonesia juga menginspirasi melalui kata-kata.

Ada banyak cara mengenang jasa dan perjuangan mereka, salah satunya menyimak kembali apa yang pernah mereka ucapkan, dengan harapan semoga dapat menginspirasi dan menjadi penyemangat perjuangan di masa kekinian.

Kami coba himpun kata-kata dari beberapa para pahlawan itu, yang dikutip dari berbagai sumber:

Quotes dari Ir. Soekarno
#1“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”
#2 “Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya.”
#3 “Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”
#4 “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekali pun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
#5 “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”
#6 “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”
#7 “Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya.”.”
#8 “Jangan sekali-kali melupakan sejarah.”
#9 “Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat.”

Quotes dari Pangeran Diponegoro
#1 “Hidup dan mati ada dalam genggaman Ilahi. Takdir adalah kepastian, tapi hidup harus tetap berjalan. Proses kehidupan adalah hakikat, sementara hasil akhir hanyalah syariat. Gusti Allah akan menilai ketulusan perjuangan manusia, bukan hasil akhirnya. Kalau pun harus menjumpai kematian, itu artinya mati syahid di jalan Tuhan.”

Quotes dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII
#1 “Pengaruh suatu teladan yang baik jauh lebih bermanfaat daripada suatu teguran tajam.”
#2 “Seorang pemimpin belum dikatakan memimpin sampai dia meletakkan pelayanan dalam kepemimpinannya.”
#3 “Orang yang menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan, tak akan sengaja menyerah kepada musuh.”
#4 “Jika tidak ada musuh, tidak akan ada pertempuran, jika tidak ada pertempuran, tidak ada kemenangan, jika tidak ada kemenangan, tidak ada mahkota.”
#5 “Kemurnian di dalam hati menghasilkan kekuatan dalam kehidupan.”
#6 “Jika tidak ada musuh, tidak akan ada pertempuran, jika tidak ada pertempuran, tidak ada kemenangan, jika tidak ada kemenangan, tidak ada mahkota.”

Quotes dari Mohammad Hatta
#1 “Filosofi meluaskan pandangan serta mempertajam pikiran.”
#2 “Hanya ada satu negara yang pantas menjadi negaraku. Ia tumbuh dengan perbuatan dan perbuatan itu adalah perbuatanku.”.”
#3 “Kebudayaan tidak dapat dipertahankan saja, kita harus berusaha mengubah dan memajukan, oleh karena kebudayaan sebagai kultur, sebagai barang yang tumbuh, dapat hilang dan bisa maju.”
#4 “Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki.”
#5 “Apa sebenarnya yang disebut filosofi, lebih baik jangan dipersoalkan pada permulaan menempuhnya. Akan hilang jalan nanti karena banyak ragam dan paham. Tiap-tiap ahli berlainan pendapatnya tentang apa yang dikatakan filosofi. Tiap-tiap filosofi pun lain-lain pula tujuannya.“
#6 “Demokrasi bisa ditindas sementara karena kesalahannya sendiri, tetap setelah ia mengalami cobaan yang pahit, ia akan muncul kembali dengan penuh keinsafan.“
#7 “Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.”

Quotes dari Raden Ajeng Kartini
#1 “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”
#2 “Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata Aku tiada dapat! melenyapkan rasa berani. Kalimat Aku mau! membuat kita mudah mendaki puncak gunung.”
#3 “Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain.”
#4 “Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu.”
#5 “Habis gelap terbitlah terang.”

Quotes dari Jendral Sudirman
#1 “Sanggup mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah penghabisan.”
#2 “Karena kewajiban kamulah untuk tetap pada pendirian semula, mempertahankan dan mengorbankan jiwa untuk kedaulatan negara dan bangsa kita seluruhnya.”
#3 “Pelihara TNI, pelihara angkatan perang kita, jangan sampai TNI dikuasai oleh partai politik manapun juga.”
#7 “Tentara tidak boleh menjadi alat suatu golongan atau orang siapa pun juga.”
#8 “Bahwa kemerdekaan satu negara, yang didirikan diatas timbunan runtuhan ribuan jiwa-harta-benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia siapapun juga.”
#9 “Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.”

Quotes dari Sutan Syahrir
#1 “Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya.”
#2 “Perjuangan kita sekarang ini tak lain dari perjuangan untuk mendapat kebebasan jiwa bangsa kita. Kedewasaan bangsa kita hanya jalan untuk mencapai kedudukan sebagai manusia dewasa bagi diri kita.”
#3 “Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.”
#4 “Dan hanya semangat kebangsaan, yang dipikul oleh perasaan keadilan dan kemanusiaan. Yang dapat mengantar kita maju dalam sejarah dunia.”

Semoga terinspirasi!.[]

Penulis: Zulkifli
Jurnalis KabarKalteng


TAG