Divonis Satu Tahun, Astianto Cs Belum Ajukan Banding

Print Friendly and PDF

BUNTOK - Divonis masing-masing satu tahun penjara dipotong masa tahanan, oleh Majelis Hakim, Kamis (22/11/2018), keempat terdakwa penipuan terhadap H Supiatma, belum mengajukan banding.

Dalam pembacaan putusan oleh Majelis Hakim, Ade Darmawan SH MH sebagai Hakim Ketu, Agustinus SH dan John Ricardo SH sebagai Hakim Anggota, dengan agenda pembacaan putusan.

Ketempat terdakwa pelaku penipuan terhadap H Supiatma, yakni Astianto, Badarudin, Ahmad Normansyah dan Pandi Udaya, divonis masing-masing satu tahun penjara.

Putusan hukuman oleh Majelis Hakim ini, lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang pada persidangan sebelumnya menuntut para terdakwa dengan tuntutan selama satu tahun dan enam bulan penjara.

Keempatnya, dinyatakan terbukti melanggar pasal 378 Juncto 55 Ayat (1) UU KUHP.

Atas putusan Majelis Hakim tersebut, Kajari Barsel, Douglas Oscar Berlian Riwoe, melalui Kasi Pidum, Rahmat Baihaki, kepada awak media seusai sidang, mengaku masih berpikir terkait kemungkinan banding atas putusan majelis hakim terhadap kepada empat terdakwa tersebut.

"Kami dari Tim JPU telah meminta waktu untuk berpikir selama beberapa hari, untuk memastikan apakah melakukan upaya banding atau tidak kepada majelis hakim," kata Rahmat.

Senada dengan JPU, terdakwa Astianto melalui kuasa hukumnya, Anthony Dules Manalu  SH, menjelaskan bahwa keempat terdakwapun masih berpikir atas putusan tersebut.

"Namun selaku PH khusus untuk Astianto, saya menyarankan agar Astianto dan keluarga sebaiknya melakukan upaya banding," pungkasnya.[tampetu]


TAG