Bersama Awak Media, Diskominfo dan Bawaslu Komitmen Cegah Hoax

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulang Pisau bersama Diskominfo dan awak media baik yang tergabung di organisasi PWI, IWO, PPWI dan organisasi wartawan lainnya, berkomitmen untuk mencegah penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian atau Hate Speech menjelang Pemilu 2019 di Kabupaten Pulang Pisau.

Komitmen bersama itu disepakati saat Bawaslu Pulang Pisau menggelar kegiatan Media Gathering yang berlangsung di Aupa Bawaslu setempat pada Selasa (6/11/2018) sore.

"Peranan media dalam meminimalisir berita hoax dan kebencian tentunya  sangat kita harapkan saat menjelang pemilu 2019 ini," ucap Kadis Kominfo Pulpis, M Insyafi saat menyampaikan paparannya pada kegiatan Media Gathering, Selasa (6/11/2019).

Ia mengatakan, media selain sebagai kontrol sosial juga sangat berperan dalam memberikan masukan-masukan dan menginformasikan fakta yang sebesarnya terjadi.

"Media tentunya dituntut untuk menyajikan berita yang berimbang saat mempromosikan calon-calon yang berkompetisi di pemilu 2019 ini. Artinya jangan sampai merugikan salah satu calon atas pemberitaan yang dimuat," tukasnya.

Sementara pada kesempatan yang sama sedikit ditambahkan Ketua PWI Pulang Pisau, I Nyoman Weda, dalam menyambut pemilu 2019 ini peran media sangat menentukan baik dan buruknya jalannya pesta demokrasi 2019 ini.

"Yang terpenting kita bersama-sama untuk menangkal peredaran berita hoax dan ujaran kebencian. Telaah dulu sebelum menginformasikan ke publik terkait berita atau informasi yang belum jelas asal-usulnya. Mari kita kawal, jaga dan sajikan pemberitaan yang berimbang," ungkap I Nyoman Weda sedikit menerangkan.[manan]


TAG