Bekali Mahasiswa, BEM Faperta UPR Gelar Latihan Kepemimpinan

Print Friendly and PDF

PALANGKA RAYA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Palangka Raya (UPR) kembali melakukan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD).

Agenda tahunan yang dilangsungkan di Fakultas Pertanian UPR, 2 hingga 3 November 2018 ini diikuti 50 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Kota Palangka Raya.

Menurut Ketua Panitia LKMM-TD, Hendri Agung Slamat Aritonang, Jumat (2/11/2018), kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-harinya.

"RTL (Rencana Tindak Lanjut, red) dari kegiatan ini, peserta yang mengikuti kegiatan sampai selesai akan diikutkan program magang 20 hari di BEM Faperta," jelas Hendri.

Hendri berharap kegiatan dengan total delapan materi ini dapat melahirkan karakter kepemimpinan yang idealis di era milenial ini.

Gubernur BEM Faperta, Beni Santosa menambahkan, LKMM-TD ini merupakan agenda rutinan untuk mencetak kader kepemimpinan yang solutif, inovatif dan kreatif terhadap isu masalah sosial.

Dengan demikian, lanjut Beni, secara otomatis mahasiswa dapat mengaplikasikan di tengah masyarakat dalam lingkungan kecil, yaitu kampus itu sendiri.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan minat baik bagi mahasiswa lain untuk mengikuti organisasi intra maupun ekstra kampus. Ini mengingat masih adanya mahasiswa yang apatis terhadap isu sosial," terangnya.

Sementara itu, Damai Alam Usop S.Sos, pemateri Kepemimpinan dan Management Organisasi menyampaikan apresiasinya pada mahasiswa dan pemuda yang masih sadar akan pengelolaan diri di dunia pendidikan, dalam ranah organisasi mahasiswa.

"Ini penting agar ke depannya bisa memberikan pengaruh positif kepada masyarakat banyak, begitu selesai dari bangku kuliah. Pengabdian pada masyarakat berdampak dari pengalaman-pengalaman saat mengembangkan diri melalui organisasi kampus sampai tingkat umum. Karena organisasi adalah miniatur hidup bernegara dan bersosial," paparnya.

Pemateri lain, Krismes Santo Haloho, S.Hut mengapresiasi langkah BEM Faperta dan panitia yang menggelar jegiatan edukasi ini. Ia juga mengajak mahasiswa dan pemuda untuk berdinamika di organisasi semasa muda untuk mendewasakan sikap dan pikiran tanpa meninggalkan tanggungjawab akademik.

"Semoga nantinya di kegiatan-kegiatan yang sama, semakin banyak yang berminat untuk ikut dan menumbuhkan jiwa kepemimpinannya," pungkas narasumber dengan materi tentang Motivasi Organisasi.[junedi]


TAG