Baru Rencana, RTH Bangkuang Disambut Antusias Warga

Print Friendly and PDF

BUNTOK - Dengan disiapkannya lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) oleh Pemerintah Kelurahan Bangkuang Kecamatan Karau Kuala Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

RTH yang sangat diidam-idamkan oleh setiap daerah ataupun di setiap negara. Rencana pembangunan RTH di Kelurahan Bangkuang itu mendapat komentar dan tanggapan baik dari warga Bangkuang.

"Sangat bagus, terutama dalam upaya merestorasi hutan yang sudah mulai gundul, sehingga bisa menjadi habitat bagi fauna yang sudah rusak habitatnya khususnya fauna endemik Kalimantan yang terdapat di kelurahan Bangkuang," ungkap Mia Rahmadaniati, salah seorang mahasiswi ULM Banjarbaru asal Bangkuang, Jumat (2/11/2018) malam.

RTH sendiri, lanjut Mia, banyak sekali manfaatnya. Selain tempat bersantai dan tempat bermain anak-anak, RTH juga bisa menjadi penghasil oksigen yang banyak tergantung dari banyaknya pepohonan yang akan ditanam di kawasan RTH.

RTH juga bisa menjadi lahan ilmu yang cukup banyak, khususnya bagi mahasiswa Biologi Sains. Sebab selain untuk mengkaji ilmu ekologinya, juga mengkaji bidang etnobiologinya, serta mengkaji flora, fauna dan mikroorganisme yang ada di RTH tersebut.

"Dengan dibangunnya RTH di Kelurahan Bangkuang bisa menjadi ikon ekowisata, juga bisa menjadi potensi dan riset besar bagi kelurahan Bangkuang," tuturnya dengan nada semangat.[kenedy]


TAG