400 Hektare Lahan Pertanian Kawasan Transmigrasi di Kapuas akan Direvitalisasi

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Lahan pertanian di kawasan transmigrasi seluas 400 hektare akan difungsikan dan digarap sebelumnya akan dilakukan revitalisasi pada lahan tersebut.

Drs Sukiran MAP, Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas, Senin (5/11/2018) mengatakan, lokasi lahan pertanian, tepatnya berada pada Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) A1, A2, A4 dan A5 kawasan transmigrasi Kecamatan Dadahup.

"Dengan tata air mikro, lokasi diblok, per blok 24 hektar, yaitu dibuat tanggul per 24 hektar lahan itu," ungkap Sukiran, dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (5/11/2018).

Program itu, lanjutnya, dimaksudkan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Selain itu, juga untuk menambah produktivitas hasil pertanian. Nantinya penggarapan lahan dengan pelibatan masyarakat setempat dengan sistem bagi hasil.

Saat ini lahan di kawasan tersebut hampir tidak digunakan masyarakat setempat untuk bercocok tanam padi, karena lahan sering terjadi genangan air.

"Selama ini masyarakat di sana enggan bercocok tanam karena rentan terjadi banjir yang disebabkan curah hujan," jelas mantan Sekretaris Disdik ini.

Dengan dibangunnya tanggul-tanggul penahan air, lanjut Sukiran, kegiatan bercocok tanam di atas lahan pada kawasan itu akan bisa dilakukan.

"Tujuan yang kedua agar tempat penggilingan padi terbesar di Kalteng yang terletak di UPT A2 dapat difungsikan," pungkas Sukiran.[zulkifli]


TAG