100 Pemuda Pulpis Ikuti Diklatsar Banser Angkatan III

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Sedikitnya sebanyak 100 pemuda dan pemudi di wilayah Kota Pulang Pisau mengikuti pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Barisan Serba Guna (Banser) III tahun 2018 di Desa Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (2/11/2018) sore.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini, sudah kali ketiga dilaksanakan PCNU Kabupaten Pulang Pisau. Hadir dalam kesempatan itu, Asiaten II Setda Pulpis, Tiswanda, Forkopimda, Ketua RT dan peserta Diklatsar ke-III GP Ansor.

Ketua Panitia Diklatsar Banser III, Bohari Almawan dalam laporannya menyebutkan, peserta Diklatsar Banser di Pulang Pisau berjumlah 100 orang, terdiri dari 55 laki-laki dan 45 perempuan.

"Kegiatan Diklatsar Banser tahun ini sudah angkatan ketiga. Kali ini, sengaja dilaksanakan di kawasan transmigrasi yaitu di Desa Hanjak. Tujuannya agar Diklatsar ini berkesan, karena di tempat terpencil dan di tempat terbuka. Juga langsung dekat dengan alam dengan medan yang agak sulit, cocok sekali untuk latihan semi militer bagi peserta Diklatsar," ujar Bohari.

Sementara itu, Ketua PW Anshor Provinsi Kalteng, Elly Saputra dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan Diklatsar Banser di kabupaten Pulang Pisau yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

"Terutama sekali saya ucapkan terima kasih kepada ketua GP Anshor Pulpis, Ustadz Nasrullah SAg MM, beliau sangat berdedikasi kepada NU, Anshor dan Banser. Juga, kepada ketua panitia dan sahabat Banser baik yang baru maupun yang sudah lama," ujar Elly.

Sementara itu Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo SSos MM dalam sambutannya yang diwakili asisten II Tiswanda menyatakan salut kepada sahabat-sahabat Banser dengan semangatnya mengikuti kegiatan Diklatsar ke-III.

Jangan lupa, katanya, dalam waktu dekat ini akan ada pembahasan anggaran di DPRD kabupaten Pulang Pisau, agar pengurus Anshor mengajukan usulan peningkatan anggaran untuk kegiatan Diklatsar ini.

"Kegiatan ini tentu sangat diapresiasi oleh bapak bupati yang juga ketua PCNU Kabupaten Pulang Pisau, tentu beliau sangat mendukung sekali," tegasnya.

Sementara itu juga, Ketua GP Anshor Kabupaten Pulang Pisau, Nasrullah SAg MM kepada media ini mengatakan, Diklatsar Banser angkatan III ini drastis meningkat. Tahun pertama sebanyak 50 orang, angkatan II sebanyak 40 orang, dan angkatan III tahun ini sebanyak 100 orang.

"Ini tentu tak lepas dari dukungan semua pihak, terutama dukungan bapak Bupati yang juga sekaligus ketua PCNU kabupaten Pulang Pisau H Edy Pratowo," tukasnya.

Edy berharap di tahun-tahun mendatang agar semakin ditingkatkan lagi baik dari segi dukungan anggaran, maupun dukungan moril lainnya.

"Kita akan eksis selama masih dibutuhkan, dan kita akan terus memberdayakan Banser ini untuk kemaslahatan umat, dan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Kita juga berharap peserta Diklatsar benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan penuh semangat," ungkapnya lagi.[manan]


TAG