Wagub Kalteng Hadiri Koordinasi Nasional GT PP-TPPO

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Habib H Said Ismail menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PP-TPPO) Tingkat Pusat dan Daerah Tahun 2018 di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Kamis (11/10/2018).

Acara ini dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sekaligus Ketua Harian GT PP-TPPO Pusat Prof DR Yohana Susana Yembise Dip Apling MA, Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Vennetia R Danes, Asisten Deputi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Perempuan Kemenko PMK Republik Indonesia, Wagiran.

Juga para Pejabat Eselon I dan II dari Kementerian Republik Indonesia serta diikuti oleh Ketua beserta anggota GT PP-TPPO Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. Tampak juga hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kalteng.

Tema dalam kegiatan tersebut yaitu "Working Together In Harmony yang berarti Bekerja Bersama Dalam Harmoni Untuk Sinergitas Upaya Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang".

Gubernur Kalteng melalui Wakil Gubernur Habib H Said Ismail dalam sambutannya mengatakan, perdagangan orang merupakan pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) dengan mayoritas korbannya adalah Perempuan dan Anak.

"Berdasarkan mandat dari Gubernur Kalimantan Tengah, bertekad akan menjadikan Kalimantan Tengah menjadi Provinsi yang BERKAH bagi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," ucap Wagub.

Secara teknis, dilanjutkan Wagub, dengan mendorong Bupati dan Walikota di Provinsi Kalteng untuk giat mengembangkkan daerahnya menjadi Kabupaten dan Kota yang layak anak. Demikian juga halnya di bidang Kesataraan Gender.

Di bidang penanganan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang, Wagub kembali melanjutkan, telah diterbitkan SK Gubernur Nomor 188.44/161/2017 tentang Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PP-TPPO) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Gugus tugas lintas sektor ini secara terpadu menjalankan Rencana Aksi Provinsi yang sejalan dengan Rencana Aksi Nasional dalam melaksanakan upaya-upaya Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang," imbuhnya.

Melalui kesempatan ini, tambahnya, Gubernur bersama Pemerintah Provinsi Kalteng mengucapkan terimakasih atas kepercayaan untuk memilih Palangka Raya sebagai tempat pelaksanaan RAKORNAS Tahun 2018 ini serta bertekad menjadi tuan rumah yang baik untuk seluruh kegiatan Nasional yang diselenggarakan di Provinsi Kalteng.[kenedy/deni]


TAG