Tradisi Potong Pantan Tandai Awal Tugas Kapolres Kapuas

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Sehari pasca resmi dilantik sebagai Kapolres Kapuas, AKBP Tejo Yuantoro SIK MSi pun mulai menjalankan tugas di Kota Kuala Kapuas. Kedatangan Tejo di Kota Air disambut dengan acara adat potong pantan serta diiringi tarian adat dayak Kalimantan Tengah di Mapolres Kapuas, Sabtu (27/10/2018).

"Acara potong pantan ini adalah bagian dari prosesi penyambutan pejabat baru di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia," ungkap Hendri, Kepala Damang Adat Selat Kapuas.

Prosesi adat ini sudah menjadi bagian dari budaya leluhur di Kapuas, terutama dalam menyambut tamu agung yang baru menjabat di wilayah Kabupaten Kapuas.

Prosesi adat ini juga diyakini sebagai penolak bala, serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bagi pejabat yang baru berdinas di kabupaten Kapuas.

"Dalam prosesi adat ini, pejabat baru diwajibkan memotong pantan yang sudah disiapkan oleh panitia. Ini dilakukan supaya perjalanan karirnya berjalan sesuai harapan," terangnya.

Sementara itu, AKBP Tejo dalam sambutannya mengaku menaruh harapan besar agar Kabupaten Kapuas selalu dalam keadaan aman dari berbagai ancaman tindak kejahatan.

"Kami akan selalu berupaya menjaga keamanan dan kedamaian bagi masyarakat Kota Kuala Kapuas, agar terciptanya rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat," tutur Tejo.

Dari pantauan KabarKalteng, penyambutan Kapolres baru ini juga tampak dihadiri Ketua DPRD Kapuas, tokoh masyarakat dan jajaran Forkopinda Kapuas.[angga]


TAG